Pemko Padang Lakukan Kerja sama dengan UIN IB Terkait Pesantren Ramadhan

Suasana pelaksanaan kerjasama Pemko Padang dengan UIN IB Padang, dalam rangka pesantren ramadhan (Foto: Ghaffar)

Suarakampus.com Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang lakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Padang dalam rangka pesantren ramadhan. Kegiatan ini dilangsungkan di Auditorium Prof. Mahmud Yunus, Kamis (07/04).

Walikota Padang, Hendri Septa mengatakan bahwa, pelaksanaan pesantren ramadhan ini seharusnya sudah dilakukan pada tahun 2019 lalu, namun tidak terlaksana karena pandemi. “Seharusnya sudah dari dua tahun yang lalu kegiatan ini, tapi terkendala akibat pandemi,” ungkapnya.

Lanjutnya, tujuan dari adanya pesantren ramadhan ini mampu menumbuhkan perubahan diri peserta didik yang tidak terlihat selama ini. “Kegiatan ini sangat berdampak positif bagi peserta didik,” lanjutnya.

Hendri juga mengungkapkan bahwa pesantren ramadhan ini adalah salah satu tantangan untuk mahasiswa UIN dalam pelaksanaan kegiatan ini. “Kami memiliki target agar pesantren ramadhan ini menimbulkan efek positif bagi peserta didik ke depannya,” sebutnya.

Kemudian, kata dia, dipilihnya UIN IB sebagai tempat pelaksanaan pesantren ramadhan disebabkan oleh jati diri kampus yang bersifat mubaligh. “UIN dirasa lebih tepat untuk memberikan ide dalam bidang pendidikan, terutama bidang agama,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Rektor UIN IB Martin Kustati menuturkan perihal pelaksanaan pesantren ramadhan akan dilaksanakan seperti sebelumnya, meski sempat vakum selama dua tahun. “Mekanisme pelaksanaannya sama seperti sebelumnya,” tuturnya.

Selain itu, Martin menjelaskan terkait pesantren ramadhan tahun ini akan lebih terfokus pada konsep pembinaan dari segi keagamaan serta peningkatan dari kegiatan tambahan berupa hafalan mahasiswa. “Hal ini yang akan dilakukan untuk mendapatkan dampaknya,” jelasnya.

Martin mengatakan bahwa untuk mendukung kegiatan tersebut akan dipersiapkannya instruktur yang memahami pengetahuan keagamaan dan teknologi. “Kami akan mempersiapkan instruktur yang paham dengan hal tersebut,” katanya.

Adapun tanggapan dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN IB, Welhendri Azwar mengungkapkan bahwa pesantren ramadhan ini adalah kegiatan yang sangat bagus, di mana dalam kegiatan ini bakal diberikan materi yang tidak diberikan disekolah. “Kegiatan ini hendaknya diberi materi oleh tokoh-tokoh masyarakat, dimana nantinya akan diberikan transfer pengalaman, jadi bukan belajar akhlak seperti halnya pelajaran disekolah,” tuturnya.

Welhendri menjelaskan bahwa pesantren ramadhan ini dilaksanakan masjid-masjid dikota padang dengan pesertanya terdiri dari Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Pelaksanaannya seperti pesantren ramadhan yang biasa dilaksanakan, jadi kita juga berharap dengan adanya mahasiswa dan alumni buku pedoman ini dapat berjalan dengan baik,” tuturnya.

Welhendri juga menegaskan bahwa kegiatan ini bukan perihal dampak bagi kampus saja, namun ini adalah sebagai tanggung jawab dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. “Dampaknya bagi kampus tentu menjadi lebih terkenal dan masyarakat akan lebih percaya pada kita, namun bukan dampak inilah yang diharapkan,” tegasnya.

Lanjutnya, mengenai kerjasama antara pihak UIN IB dengan Pemerintah Kota Padang, Welhendri mengungkapkan bahwa kerjasama ini baru dapat dibentuk pada saat sebelum ramadhan jadi kegiatan ini tidak dapat berlangsung secara semestinya. “Kegiatan ini turut melibatkan mahasiswa dan alumni, namun belum dapat berjalan sebagaimana mestinya,” lanjut Welhendri.

Welhendri juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Padang atas kepercayaannya sebagai penyelenggara. “Tentunya kegiatan ini untuk tahun depan juga dapat dipersiapkan secara jauh-jauh hari sehingga menyebabkan acara kita lebih teorganisir,” harapnya. (nsa)

Wartawan: Rais Shiddiq (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Tingkatkan Amal pada Bulan Ramadan Lewat Amalan Hati

Next Post

Pelaksanaan OR Dema-U Tuai Tanggapan Berbagai Pihak

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat