Peroleh Keistimewaan di Hari Jumat dengan Terapkan Lima Sunah

Suarakampus.com- Hari Jumat sangatlah istimewa dan mulia bagi umat muslim, khususnya kaum laki-laki. Pasalnya mereka bisa mengerjakan salat yang hanya ada di hari Jumat. Hal tersebut diperkuat dalam Q.S Al-jumuah ayat 9 yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu untuk mengingat Allah”

Kemulian hari Jumat juga terpampang jelas dalam hadis riwayat Muslim dan Tirmidzi. “Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat”

Agar kaum muslimin semakin bersemangat beribadah, khususnya pada hari Jumat. Berikut sunah yang bisa dilakukan dalam meraih keistimewaan hari Jumat:

Membersihkan Diri

Sebelum salat Jumat, umat muslim dianjurkan mandi untuk membersihkan diri dari hadas kecil dan besar. Selain itu, menggunakan minyak wangi bagi laki-laki, memotong kuku serta rambut juga dianjurkan dilakukan.

Menyegerakan ke Masjid

Sejatinya, ajaran Islam mengajarkan umat muslim untuk menghargai waktu. Begitu juga dalam menyelenggarakan pergi ke masjid untuk menunaikan salat Jumat.

Salat Jumat

Bagi seorang laki-laki kewajiban yang harus dipenuhi adalah salat Jumat, seperti tertuang dalam hadis. “Jumat adalah kewajiban bagi setiap muslim secara jamaah kecuali empat orang. Hamba sahaya yang dimilki, anak kecil, perempuan dan orang sakit,”  H.R Abu Daud.

Membaca Surat Al-Kahfi

Al-kahfi memiliki keistimewaan tersendiri dibanding surat lainnya, seperti memberikan ketenangan hati. Untuk itu biasakan membaca surat tersebut pada pagi, siang atau malam di hari Jumat

Membaca Salawat dan Zikir

Perbanyak zikir dan salawat kepada nabi Muhammad SAW, sebagai salah satu syarat mendapat pertolongan di hari akhir. (ulf)

Penulis: Mizwa Anggraeni

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Koordinator Pustaka Kampung Mata Wae: Masyarakat Wajib Lanjutkan Perjuangan Soekarno

Next Post

Munas V FKMTHI Tetapkan Anas Munadji sebagai Ketua Umum

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty