Sanggar Kaligrafi Al Aqlam Resmi Menjadi UKM UIN IB

UKM Kaligrafi Al-Aqlam (Sumber: Nadia Sri Rezeki)

Suarakampus.com- Pasca diresmikan oleh Wakil Rektor III Bidang Akademik dan Kerjasama Welhendri Azwar pada (02/12) lalu, Sanggar Kaligrafi Al-Aqlam kini resmi menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UKM ini berdiri untuk menampung bakat dan minat mahasiswa UIN IB di bidang kaligrafi.

Selaku Ketua Umum UKM Kaligrafi Al-Aqlam, Nofrizal Afandi mengatakan bahwa sanggar Al-Aqlam sudah berdiri sejak tahun 1989 di bawah naungan dosen Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) sekaligus kaligrafer Sumatera Barat yakni Irhash A. Shamad. “Seiring waktu sanggar Al-Aqlam mulai dikenal dan menghasilkan prestasi regional maupun internasional,” katanya, Senin (23/01).

“Alhasil sanggar Al-Aqlam sekarang dijadikan UKM, tentu hal ini disambut baik oleh anggota dan pembina,” tambahnya.

Lanjutnya, UKM Al-Aqlam sudah membuat program UKM kedepannya, berikut beberapa program yang akan dilaksanakan:

  1. Pelatihan rutin 3x seminggu
  2. Membuat karya kaligrafi 1x seminggu
  3. Koreksian bersama dengan senior2 sanggar Al-Aqlam
  4. Mengadakan pameran kaligrafi Islam
  5. Membuat usaha yang bersifat kaligrafi Islam
  6. Melukis kaligrafi di alam
  7. Pelatihan persiapan perlombaan baik lomba MTQ, hingga perlombaan kampus.

Katanya, UKM Kaligrafi Al-Aqlam berdiri untuk mewadahi bakat dan minat mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang di bidang kaligrafi. “Sebelumnya kegiatan ini hanya untuk mahasiswa FAH saja,” katanya.

“Selain itu, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kaligrafi karena sekarang sudah banyak perlombaan cabang kaligrafi,” sambungnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum UKM Kerohanian dan Studi Islam (KSI) Ulul Albab Riki Surya Nanda mengungkapkan dengan diresmikannya UKM Kaligrafi Al-Aqlam memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya. “Semakin banyak UKM akan memajukan kampus, tak heran jika kampus ternama memiliki UKM yang banyak,” ungkapnya.

Katanya, dengan adanya UKM bernuansa kaligrafi maka syiar Islam di UIN Imam Bonjol Padang akan lebih terlihat. “Sudah sewajarnya hal ini dilestarikan di kampus Islam,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama UKM Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) PT, Meldina Fitri Rachman mengucapkan selamat atas lahirnya UKM Kaligrafi Al-Aqlam. “Selamat bergabung untuk UKM Kaligrafi Al-Aqlam dalam keluarga emperan UIN Imam bonjol Padang,” ucapnya saat diwawancarai via online.

Ia berharap dengan adanya UKM Al-Aqlam bakat dan minat mahasiswa di bidang kaligrafi dapat tersalurkan. “Semoga UKM ini dapat mewadahi bakat mahasiswa di bidang kaligrafi,” tutupnya.

Sampai berita ini dinaikkan, Pembina UKM Kaligrafi Al-Aqlam UIN IB belum dapat diwawancarai oleh wartawan suarakampus.com. (wng)

Wartawan : Nadia Sri Rezeki (Mg), Putri Aisyah (Mg) dan Idhar Rahman

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Rasa Yang Mencekat

Next Post

Perayaan HUT AJI ke-18: Ancaman Kejahatan Digital Meningkat di Tahun 2022

Related Posts
Total
0
Share