Segenap Pimpinan Ormawa Fakultas Lakukan Pembinaan Untuk Maba Tahun 2022

Suasana penyampaian materi oleh beberapa pimpinan Ormawa Fakultas di gedung Auditorium Prof. Mahmud Yunus UIN Imam Bonjol Padang (Foto: Nesya/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Sejumlah pimpinan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas adakan pembinaan dan pengenalan lembaga kemahasiswaan pada Mahasiswa Baru (Maba) angkatan tahun 2022 di hari ketiga Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK). Acara tersebut diadakan di masing-masing Fakultas pada Jumat, (19/08).

Selaku Ketua Umum (Ketum) Senat Mahasiswa (Sema) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Adek Ilham Zaki menyampaikan acara pengenalan Ormawa FTIK diisi oleh sekitar seribu Maba FTIK di gedung Auditorium Prof. Mahmud Yunus. Katanya, kegiatan tersebut juga dikoordianasi oleh kepantiaan setiap Ormawa.

“Kita minta delegasi dari setiap Ormawa untuk jadi Panitia PBAK ini, kebanyakan panitia dari BP 20 karena BP 19 sedang Praktek Lapangan (PL),” tuturnya.

Kemudian, Ilham mengatakan tujuan pembinaan ini adalah untuk mengenalkan kepada Maba FTIK tentang lingkungan, kultur, para petinggi serta lembaga kemahasiswaan yang ada di tingkat fakultas. Menurutnya, setiap Maba harus beradaptasi dengan ragam Ormawa FTIK guna pengembangan kualitas para Maba untuk mampu melatih soft skill yang ada.

“Kegitan ini adalah tradisi dari tahun ke tahun dan tujuannya untuk membentuk karakter mahasiswa yang mandiri dalam mencari pengalaman di kampus,” ujarnya.

Ia berharap agar seluruh Maba FTIK bisa menjalin komunikasi dengan baik guna menambah relasi, baik antar sesama mahasiswa maupun petinggi kampus. “Silahkan teman-teman semua mencari relasi sebanyak mungkin dan berbaurlah dengan masyarakat kampus untuk menjalin hubungan yang baik,” ucapnya.

Bukan hanya itu, Ketum Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA), Ferri Martondi mengatakan tempat pembinaan oleh Ormawa FUSA berlokasi di lantai tiga Aula FUSA. Kata dia, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dekan, WD I, WD II, WD III FUSA yang dilanjutkan dengan penampilan bakat dari Maba FUSA sekaligus pengumuman Maba terbaik lewat pemilihan King and Queen.

“Untuk pengenalan Ormawa ini, kami minta langsung dari Ibuk Dekan, wakil-wakil beserta jajaran. Setelah itu, baru penampilan bakat dari Maba,” jelasnya.

Ferri juga mengungkapkan pengenalan para academica dan Ormawa Fakultas bertujuan untuk mengarahkan Maba FUSA kepada pembinaan kultur budaya kampus. Adapun Ormawa Fakultas yang tergabung di dalamnya adalah Sema, Dema dan masing-masing Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) terkait.

“Pembinaan ini berguna untuk memperkenalkan struktur kelembagaan fakultas dan mengarahkan Maba jika ada masalah ke depannya,” paparnya.

Ia menuturkan Maba FUSA sangat berantusias mengikuti pengenalan Ormawa Fakultas. Katanya, partisipasi dari Maba sangat besar dalam pembinaan kelembagaan fakultas.

“60% dari 602 Maba sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini, mereka ingin sekali tampil memperlihatkan bakatnya masing-masing,” ungkapnya. (hry)

Wartawan: Nesya Claudia (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Hari Ketiga PBAK, Ormawa FS Adakan Pengenalan Peran Kelembagaan Mahasiswa

Next Post

Pelaksanaan PBAK Tahun 2022, WR III UIN IB Turut Apresiasi Kinerja Kepanitiaan

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty