Seminar Universitas Bung Hatta: Julius Rahman Ulik Tips Kewirausahaan dan Digital Marketing.

Potret Julius Rahman saat menyampaikan materi Seminar Kewirausahaan dan Digital Marketing di Universitas Bung Hatta. (Sumber: Ulmi/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Bung Hatta gelar seminar kewirausahaan dan digital marketing. Kegiatan ini dilaksanakan di aula gedung 6 lantai 4 Kampus II Universitas Bung Hatta, Jumat (28/06).

Owner Travel Mahabbah, Julius Rahman selaku pembicara utama mengungkapkan, bahwa tujuan utama dari kewirausahaan adalah untuk mencari dan memanfaatkan peluang yang ada. “Siapapun bisa menjadi pengusaha, terlepas dari latar belakang mereka,” tegasnya.

Ia menyebutkan, ada mitos pengusaha yaitu jalan hidup, modal takdir, dan bergantung peluang yang berarti bahwa orang miskin tidak bisa menjadi pengusaha. “Saya ingin mematahkan mitos tersebut dan menunjukkan bahwa dengan niat yang kuat, siapa saja bisa sukses di dunia bisnis,” ujarnya.

Lanjutnya, modal utama untuk menjadi pengusaha adalah niat yang kuat dan keberanian untuk mengambil risiko. “Siapapun orangnya berpeluang menjadi pengusaha mulai dengan niat yang kuat, tidak takut risiko, dan jalin relasi,” ungkapnya.

Ia juga menceritakan pengalaman pribadinya dalam membangun bisnis travel tanpa modal besar tetapi melalui jaringan relasi yang kuat. “Salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah memberikan pelayanan yang baik,”. ucapnya.

Tambahnya, “Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan puas dan mereka yang akan membantu menjualkan bisnis kita,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya karakter yang mandiri dan berani dalam membangun bisnis. “Kita harus kuatkan keinginan untuk mengembangkan usaha kita dan hilangkan pesimis,” tuturnya.

Ia menambahkan, kreativitas juga menjadi hal penting dalam kewirausahaan, keinginan untuk belajar bisnis sangat penting. “Peluang tidak akan datang jika ditunggu, kita harus pintar melihat dan menciptakannya,” ucapnya.

Kemudian, Julius menguraikan empat konsep keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. “Yaitu mengatur diri dan usaha yang dibangun, networking atau jaringan, keterampilan marketing, dan leadership atau kepemimpinan,” paparnya.

Ia berharap agar semua pengusaha menjaga jaringan dengan baik, karena hal ini adalah kunci untuk menjalankan bisnis yang sukses. “Seorang pengusaha harus mampu bangkit dari kesulitan dengan mencari peluang bisnis lain,” tutupnya.(rhm)

Wartawan: Isyana Nurazizah Azwar (Mg), Salsabil Janah (Mg), Ulmi Rahmadani (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Fakultas Syari’ah Adakan Seminar Karya Tulis Ilmiah

Next Post

Tingkatkan Solidaritas, HMP Ilmu Hadis Gelar KBSM

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty