Tingkatkan Solidaritas, HMP Ilmu Hadis Gelar KBSM

Foto bersama peserta KBSM Ilmu Hadis saat pelepasan di depan Gedung FUSA Kampus III, UIN IB Padang. (Sumber: Siska/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA), adakan kegiatan Kemah Bakti Sosial Masyarakat (KBSM). Kegiatan ini diawali dengan pelepasan yang dibuka langsung oleh Sekretaris Jurusan (Sekjur) Ilmu Hadis Azharia Fatia, di depan Gedung FUSA, Jum’at.

Diketahui, kegiatan ini bakal dilaksanakan di Korong Simpang Nagari Katapiang, Kec. Batang Anai dari tanggal 28 hingga 30 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Fatia mengungkapkan apresiasi dan rasa bangganya terhadap inisiatif kegiatan ini. “Pengabdian masyarakat merupakan ilmu yang dalam dan tidak akan ada manfaatnya jika tidak dibagi kedalam masyarakat,” ucapnya.

Lanjutnya, ia memberikan wejangan, bahwa yang perlu diperhatikan adalah mengidentifikasi dan mengamati masalah yang ada di masyarakat terutama yang terkait dengan ilmu hadis. “Bakti berarti kontribusi kepada masyarakat, dengan membantu dan melayani masyarakat,” pungkasnya.

Sehubungan dengan itu, Dedi Gunawan selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa KBSM ini adalah suatu bentuk kegiatan untuk mengimplementasikan nilai-nilai hadis yang telah dipelajari. “Dengan berbaur bersama masyarakat dan mengajarkan langsung sebagai pengabdian diri sekaligus memperkenalkan apa itu ilmu hadis,” sampainya.

Kemudian kata dia, kegiatan ini diikuti oleh angkatan 2022 dan 2023 yang berjumlah 42 orang. “Untuk pelaksanaan kegiatan dengan mengumpulkan dana dari peserta sendiri,” sebutnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini diadakan dalam rangka menanamkan solidaritas, rasa persaudaraan dan rasa cinta terhadap ilmu hadis serta mengajarkan kepada masyarakat terkait ilmu hadis. “Agar tidak ada lagi hal-hal seperti perbedaan ras, semua ini untuk menumbuhkan rasa persaudaraan,”ujarnya.

Menanggapi hal ini, salah satu peserta KBSM, Silvika Putri Yulia menyebutkan, dalam kegiatan ini nantinya peserta perempuan akan menginap di rumah masyarakat dan laki laki di mesjid, sebagai bentuk pengabdian. “Untuk itu perlu dipersiapkan baik dari segi kesehatan dan perlengkapan yang dibawa untuk keperluan selama kegiatan berlangsung,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, alasan mengikuti kegiatan ini adalah untuk mengamalkan ilmu ilmu yang didapatkan selama berkuliah di ilmu hadis. “Untuk mengabdikan diri lebih bermanfaat bagi khalayak umum,” ujarnya.

Selanjutnya, Ketua Umum HMP Ilmu Hadis, Taufik perdana putra hasibuan, menjelaskan KBSM ini adalah kolaborasi antara Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan _follow up_ dengan mengadakan acara di lapangan. “KBSM ini nanti tujuannya untuk dapat mempermudah mahasiswa dalam KKN nanti,” katanya.

Lanjutnya, kepanitiaan sudah dibentuk dari satu bulan lalu untuk mempersiapkan kegiatan ini. “KBSM dilakukan setiap sekali setahun dan ini merupakan kegiatan besar ilmu hadist,” tuturnya.

Ia berharap, dengan diadakannya kegiatan KBSM ini sekiranya dapat mempermudah mahasiswa untuk KKN, dan masyarakat dapat mengenali ilmu hadis hingga banyak peminat nantinya. “Semoga bisa dimaksimalkan sesuai dengan tujuan yang kami inginkan untuk mempererat solidaritas, agar tidak merasakan hal hal yang canggung lagi di masyarakat,” tutupnya. (rhm)

Wartawan: Siska Maharani (Mg) dan Irvansah Rambe (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Seminar Universitas Bung Hatta: Julius Rahman Ulik Tips Kewirausahaan dan Digital Marketing.

Next Post

Tim Futsal PAI UIN IB Padang Raih Juara I Turnamen Se-Sumatra Barat

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty