Sempat Vakum Akibat Pandemi, Dema-U Kembali Lantik Ketua Umum Baru

Presma UIN IB Terpilih, Nopalion (Sumber: dokumen pribadi)

Suarakampus.com- Akhir Maret lalu, UIN Imam Bonjol Padang telah mengadakan Musyawarah Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (Mudema-U) setelah sebelumnya vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Hasil dari kegiatan tersebut terpilihlah Nopalion sebagai Presiden Mahasiswa (Presma) UIN IB periode 2022-2023 serta telah dilantik pada Sabtu, (14/05).

Dalam masa kepemimpinannya, Nopalion menjelaskan visinya untuk setahun kedepannya, yakni terwujudnya Dema-U yang progresif dan kolaboratif dalam optimalisasi potensi mahasiswa demi terciptanya UIN IB berkemajuan. Adapun misinya adalah:

1. Mewujudkan peran mahasiswa secara progresif dalam segala kegiatan baik internal maupun eksternal
2. Membangun kolaborasi yang dinamis dengan civitas akademika dan ormawa demi hubungan yang dinamis
3. Mengoptimalkan potensi dan bakat mahasiswa demi mewujudkan UIN IB berkemajuan

Selanjutnya, Nopalion menuturkan akan menjalin komunikasi dengan semua Organisasi Mahasiswa (Ormawa) selingkup UIN IB serta nantinya akan mengadakan bahkan menggerakkan mahasiswa UIN IB untuk bisa membangun forum-forum diskusi antar mahasiswa. Katanya, ada hal paling utama yang perlu direalisasikan ke depannya.

“Setalah pelantikan ini, saat ini kami sedang fokus untuk penyambutan mahasiswa baru UIN IB, yang mana kurang lebih dua bulan lagi akan masuk,” ungkap Nopalion.

Lanjutnya, ia menyebut kondisi Sumber Daya Manusia (SDM) Dema-U saat ini sudah lengkap sebelum pelantikan. Katanya, Dema-U akan mengadakan pelantikan pada Rabu, 18 Mei 2022 yang bertempat di gedung Auditorium UIN IB.

“Kepengurusan Dema-U saat ini terdiri dari komposisi seluruh Fakultas yang ada dan rata-rata mereka terdiri dari UKM dan UKK selingkup UIN IB,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan penyebab vakumnya kepengurusan Dema-U pada tahun sebelumnya. Menurutnya, mandek regenarasi kepengurusan Dema-U disebabkan oleh pengaruh wabah Covid-19 yang berimbas pada sistem dan pola perkuliahan. “Covid-19 menyebabkan terhentinya perkuliahan ditambah lagi, pada masa kepengurusan sebelumnya telah habis,” ujarnya.

Demi menghindari vakumnya Dema-U untuk tahun berikutnya, Nopalion akan melakukan pemilihan pengurus baru sebelum masa jabatannya habis mengingat masa kepengurusan sekarang hanya sampai Desember 2022. Katanya, bulan November nanti ia bersama pengurus lain akan melakukan pemilihan Ketua Umum Dema-U baru.

Kemudian, ia juga optimis akan membawa Dema-U menjadi lebih baik dengan inovasi dan gebrakan baru yang akan dilakukan. “Saya berharap kepada mahasiswa UIN IB agar dapat meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar serta sama-sama membangun kepedulian sosial,” tutupnya. (hry)

Wartawan: Izzatul Nisa Syafa

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Laksanakan Tes Tulis, PU LPM Suara Kampus: Untuk Meningkatkan Mutu Calon Anggota

Next Post

Sediakan Pusat Logistik Penanggulangan Bencana, Pemprov Sumbar Hibahkan Dua Hektar Tanah

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat