Study Tour Mahasiswa MD: Bangun Toleransi Antarsesama Umat Beragama

(Sumber: Reza/suarakampus.com)

Suarakampus.om- Mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah (MD) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) laksanakan study tour lapangan dengan mata kuliah perbandingan agama dan kepercayaan. Study tour ini berkunjung ke tempat-tempat peribadatan agama lain sebagai bentuk toleransi antarsesama umat beragama, Sabtu (08/06)

Study tour ini berkunjung ke empat tempat yaitu, Kelenteng Konghucu alamatnya di Jln Klenteng Kampung Pondok Kec.Padang Selatan, Agama Buddha (vihara) Pusdiklat graha Samata giri di Jln. Gurun Dalam Kec. Padang Barat, Huria kristen Batak protestan HKBP, Kec.Padang barat, kota Padang dan Hindu (pure) Jln Parupuk Tabing Kec. Koto Tangah, Padang Sumatra barat.

Dosen pengampu mata kuliah, Silmi Novita Nurman mengatakan, kegiatan study tour lapangan ini adalah sebuah kunjungan ketempat rumah ibadah agama lain. “Kita berkunjung agar mahasiswa mengetahui arti dari toleransi.” ucapnya.

Lanjutnya, tema dalam kegiatan study tour lapangan ini adalah bersama kita membangun toleransi, sebagai seorang mahasiswa kita harus memiliki pemahaman toleransi yang bagus seperti pemahaman yang ingklusif (baik)
dan tidak eksklusif (yaitu buruk),” lanjutnya.

Tambahnya, mahasiswa yang mengikuti kegiatan study tour lapangan ini yaitu sebanyak 78 orang. “Terdiri dari dua lokal yaitu kelas Manajemen Dakwah (MD) B dan kelas Manajemen Dakwah (MD) C,” tambahnya.

Kemudian, dampak bagi mahasiswa dalam mengikuti acara ini saya berharap bahwa mahasiswa memiliki pemikiran yang saling tolerans dalam beragama. “karena memang setiap agama itu mengajar kebaikan kepada setiap umatnya.” jelasnya.

Sala seorang mahasiswa, Saima mengatakan kegiatan study tour ini merupakan kesempatan besar bagi kita dengan keberagaman agama yang ada di Indonesia khususnya di kota Padang. “Saya merasa bangga sekali mengikuti study lapangan ini serta memberikan dampak yang baik bagi kita semua,” ungkapnya.

Harapannya, semoga dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang luas. “Semoga pihak kampus sering mengadakan kegiatan seperti ini, apa lagi di fakultas dakwah,” tutupnya. Ira

Wartawan: Fitri Suhama (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Aksi Kemanusiaan, Masyarakat Gelar Orasi Damai Bela Palestina

Next Post

Menggairahkan Gerakan Literasi, Buat Generasi Gokil

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty