Tanaman Bidara Ternyata Memiliki Banyak Manfaat

Tanaman daun bidara (Foto: Kompas.com)

Suarakampus.com- Bidara atau yang dikenal juga dengan widara merupakan sebuah pohon kecil yang hidupnya di wilayah kering. Daun tanaman Bidara ini berbentuk bulat panjang. Saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari pohon bidara ini untuk kesehatan. Beberapa penelitian telah menguji dan membuktikan bahwa tanaman bidara ini memiliki berbagai manfaat.

Berikut beberapa bagian tanaman bidara yang bermanfaat bagi kesehatan:

  1. Daun Bidara

Beberapa penelitian juga telah menguji dan membuktikan khasiat dari Daun Bidara ini. Salah satu kegunaan daun bidara ini dapat menyembuhkan demam dan alergi. Selain itu, juga berpotensi untuk memperbaiki pola tidur. Senyawa yang terkandung di dalam daun bidara bisa membantu meningkatkan kualitas tidur dan meredakan kecemasan akibat masalah tidur.
Selain itu, bahan alami pada daun bidara ini dapat mengobati masalah pada lambung, misalnya kembung, sakit perut, asam lambung, tukak lambung, dan sembelit kronis.
Daun bidara memiliki kandungan fenolat yang terbukti dapat bertindak sebagai antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, antijamur, dan mencegah timbulnya tumor. Daun Bidara ini juga terkenal akan manfaatnya sebagai sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres dan peradangan yang melemahkan fungsi kekebalan dan membuat lebih rentan terhadap penyakit.

  1. Akar Bidara

Tidak hanya pada daunnya, tanaman bidara ini juga memiliki manfaat lain yang terdapat pada bagian akarnya. Zat ziziphus nummularia yang terkandung dalam akar bidara mempunyai sifat pahit dan dingin yang berkhasiat untuk menyembuhkan sakit kepala, batuk, dan penyakit batu empedu

  1. Buah dan Biji Bidara

Pada Bagian buah bidara juga memiliki manfaat untuk mengobati rasa terbakar pada bagian tubuh, darah rendah, dan penyakit TBC. Selain itu, biji bidara berguna untuk mengurangi keputihan, serta dapat menyembuhkan penyakit pada mata.

  1. Kulit Kayu Bidara

Bagian kulit kayu bidara ternyata dapat menyembuhkan penyakit bisul. Bagian ini baik juga digunakan untuk pengobatan disentri dan diare.

Cara mengonsumsi daun bidara ini terbilang sangat mudah. Meskipun terdapat banyak manfaat pada daun bidara untuk kesehatan, penggunaannya juga perlu diperhatikan.


Adapun tips mengonsumsi daun bidara yaitu dengan cara merebus daun bidara terlebih dahulu. Selanjutnya minum air rebusannya. Untuk dosis dan takarannya tergantung pada usia, berat badan dan kesehatan individu, serta kondisi yang ingin ditangani. Secara umum, disarankan agar memulai dari dosis terendah, lalu secara bertahap ditingkatkan sesuai kebutuhan. Biasanya untuk segelas air digunakan tujuh lembar daun bidara.

Itulah beberapa manfaat atau khasiat yang terdapat pada tanaman bidara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. (rta)

Penulis: Felicia Rahmadhani Safitri (Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Cabang Panjat Tebing di PKM se-Sumatra Diwarnai Kericuhan

Next Post

Empat PTKIN Melaju Ke Semifinal Cabang Lempar Pisau

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat