Tiga Fakta Menarik Nagari Alahan Panjang

Panorama Nagari Alahan Panjang (Foto: Instagram/kidrock85)

Suarakampus.com- Mungkin bagi sebagian orang, khususnya masyarakat Sumatera Barat tidak asing lagi ketika mendengar nama daerah Alahan Panjang. Daerah yang berada di Kabupaten Solok ini terkenal akan keindahan dan hasil alam yang membuat semua orang takjub. Namun, dibalik semua itu, ada beberapa fakta menarik dari daerah yang satu ini. Mau tahu? Berikut uraiannya.

Dijuluki Daerah Kutub Tak Bersalju

Tidak aneh memang banyak orang memberi julukan Nagari Dingin Tak Bersalju. Pasalnya, Alahan Panjang merupakan daerah yang berada di ketinggian 1300 meter dari permuakaan laut. Suhu udara di Alahan Panjang bisa mencapai 10 derajat celcius di pagi hari dan suhu normalnya di siang hari sekitar 20 derajat celcius. Jika berkunjung ke Alahan Panjang jangan heran melihat para pemuda di sana kemana-mana memakai sarung. Gunanya adalah penangkal dari dinginnya Alahan Panjang. Bahkan masarakat sekitar menyebut para pemuda ini dengan sebutan perkasa atau pareman kain saruang. Jadi buat yang ingin jadi lelaki perkasa, sering-sering main ke Alahan Panjang.

Pusat Pemberdayaan Tanaman Holtikultura Terbesar di Kabupaten Solok

Mayoritas penduduk Nagari Alahan Panjang adalah bekerja sebagai petani karena daerahnya yang berada di ketinggian tentu mendukung kegiatan pertanian. Jika anda ke Alahan Panjang tentu akan takjub dengan hamparan luas perkebunan milik masyarakat yang diisi dengan berbagai jenis tanaman. Berbagai jenis sayuran tumbuh dengan subur, sebut saja bawang merah, bawang putih, tomat, kol, wortel, cabe, kentang dan banyak lagi yang menjadi komoditi unggul untuk diekspor keluar daerah.

Tanah Kelahiran Pahlawan Nasional M. Natsir

Banyak yang tidak mengetahui bahwa Alahan Panjang merupakan tanah kelahiran dari sosok Pahlawan Nasional M. Natsir. Dalam sejarahnya M. Natsir lahir di Alahan Panjang dan pernah menghabiskan masa kecilnya di Alahan Panjang. Bukti dari kehidupan masa kecil M. Natsir saat sekarang ini dapat dijumpai di rumah peninggalan keluarga M. Natsir. Walaupun rumah tersebut sudah mengalami renovasi, akan tetapi tidak mengurangi nilai sejarah yang terkandung di dalamnya. Selain itu, untuk mengabadikan nama M. Natsir didirikanlah sebuah pondok pesantren yang diberi nama Pondok Pesantren M. Natsir yang berada di Batu Bagiriek, Nagari Alahan Panjang.

Mungkin itu fakta menarik yang jarang diketahui tentang Nagari Alahan Panjang oleh orang banyak. Selain dikenal dengan danau kembarnya, ternyata masih ada sisi lain yang belum banyak diketahui. Semoga dengan membaca tulisan ini, dapat menambah pengetahuan pembaca seputar Nagari Alahan Panjang. Jadi buat kamu, kapan ajak aku ke Alahan Panjang?

Penulis: Ghaffar Ramdi

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Tingkatkan Literasi Merupakan Cara Hindari Disinformasi Kebencanaan

Next Post

Proses Membangun Mental untuk Meningkatkan ESQ

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty