Tim Tanggap Bencana UIN IB Turun ke Lapangan

(sumber: Silvi/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Tim tanggap bencana UIN Imam Bonjol Padang kolaborasi dengan beberapa mahasiswa turun ke lapangan korban bencana. Hal itu disampaikan oleh Kepala Tanggap Bencana Murisal, Kamis (23/05).

Murisal mengatakan delegasinya mengirim personel ke Tanah Datar, diperkirakan kondisi tempat tersebut lebih banyak memerlukan bantuan.

“Berbeda dengan daerah di Bukit Batabuah yang sudah banyak relawan,” ungkapnya.

Kemudian, ia mengatakan tim tanggap bencana UIN IB mempersiapkan dengan matang relawan yang akan di turunkan. “Sebelum berangkat ke lapangan kami ada pelatihan trauma healing,” sebutnya.

Berdasarkan data yang diperoleh tim suarakampus.com dari tim tanggap bencana UIN IB ada 15 anggota yang diantarkan ke lokasi.

“Para relawan di antaranya ada dari mahasiswa Psikologi, UKM Pramuka, Resimen Mahasiswa (Menwa), Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI), dan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala),” terangnya. 

Lanjutnya tim ini dibagi menjadi dua, ada evakuasi dan psikologi konversi. “Bagian tenaga di lapangan di antaranya Menwa, KSR PMI, Mapala, Pramuka, serta media eksposnya Suara Kampus dan DKTV,” paparnya.

Ia menyebutkan Tim Psikologi Konvirside melibatkan mahasiswa Psikologi. “Sebenarnya jika mahasiswa Bimbingan Konseling (BK) mau ikut akan diakomodasi, seperti BK Dakwah atau BK Tarbiyah, dan lebih bagus digabunkan keduanya,” jelasnya.

Demikian di lapangan masih ada evakuasi, ia mengatakan jadi tim tanggap bencana UIN IB kordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) untuk mendirikan pos. “Kita saling bekerja sama dengan komunitas relawan lainnya,” ucapannya. 

Selanjutnya, tahapan kedua ia menuturkan akan bekerja sama dengan Bank Mega Syariah. “Persiapan kami tenaga, dan pihak mereka yang mengarahkan,” tutupnya. (hkm)

Wartwan: Silvi Amelia (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Sejarah Singkat Nagari Katapiang

Next Post

FUSA Adakan Kompetisi Student Talent Bagi Siswa se-Sumbar

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty