UIN IB Padang Menjadi Tuan Rumah OASE 2023

Perwakilan UIN Imam Bonjol Padang di UIN Ar-Raniry (Foto: Abdullah Khusairi)

Suarakampus.com- Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang ditetapkan menjadi tuan rumah Olimpiade Agama Sains dan Riset (OASE) tahun 2023 mendatang. Keputusan ini diputuskan dalam rapat forum Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, Sabtu (27/11).

Selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN IB, Nurus Shalihin merasa bersyukur atas kepercayaan yang diberikan. “Alhamdulillah, ini keputusan dari rapat Forum Dekan FST di lingkungan PTKI se Indonesia dan kita diamanahkan menjadijadi tuan rumah,” ucapnya usai rapat di Dekanat Fakultas Saintek UIN Ar-Raniry pada Jumat (26/11).

Nurus mengatakan OASE merupakan kegiatan yang menghadirkan riset mahasiswa dalam berbagai bidang keilmuan. Terdapat delapan kelompok lomba; Sains, Karya Inovasi, Bussines Plan, Debat Ilmiah, Qiratul Qutub, Fahmil Quran. 

“Kita rencanakan dengan maksimal, agar memiliki impresi dan dampak nyata bagi kampus dan perkembangan ilmu pengetahuan sesuai dengan visi dan misi Fakultas Sains dan Teknologi,” ujar doktor jebolan UKM Malaysia ini. 

Menurut Shalihin, OASE adalah ajang bergengsi bagi mahasiswa di PTKIN untuk menunjukkan fakta kemajuan dan pengembangan keilmuan dan penyaluran bakat serta minat mahasiswa. “Kita harus mempersiapkan konsep agar dapat memberikan warna yang berbeda,” tuturnya.

Lanjutnya, UIN IB akan mengkonsepkan perpaduan teknologi dengan kearifan lokal, penggalian adat dan budaya. “Kita akan memberikan kesan yang baru dengan konsep yang lebih dekat dengan masyarakat,” katanya

“Semoga kegiatan ini menghasilkan teknologi yang tepat guna, sesuai budaya, serta terjangkau jika diproduksi massal,” ungkap Shalihin. 

Senada dengan itu, Ketua Kontingen OASE UIN Imam Bonjol Padang, Abdullah Khusairi turut mendukung atas amanah yang diberikan Forum Dekan FST PTKIN se-Indonesia. “Ini momen penting bagi kita di UIN IB Padang, mari siapkan peserta dan menjadi tuan rumah terbaik agar kegiatan ini berkesan untuk peserta lomba,” ungkap Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang ini. 

Khusairi mengatakan pihaknya akan ikut berkontribusi dalam proses persiapan delegasi, mulai dari seleksi peserta, pelatihan, pendanaan, dan sarana pendukung. “Kegiatan ini memerlukan dukungan penuh, baik dalam bentuk kebijakan ataupun fokus terhadap capaian prestasi,” katanya. 

“Kita segera evaluasi dan segera memberi rekomendasi agar OASE UIN Imam Bonjol Padang memberi warna berbeda. Kita harus persiapan dari awal, persiapan yang matang dengan yang tergesa-gesa tentu akan memberikan hasil yang berbeda,” sebutnya.

Khusairi menyebutkan peserta OASE UIN IB Padang masuk ke babak final diantaranya; Lomba Fisika, Debat Bahasa Inggris, Literasi dan Inovasi Teknologi, Da’i Mahasiswi, Fahmil Alquran, Debat Bahasa Arab. 

Pelatih dan Pembina OASE UIN IB Padang, Sheiful Yazan menyatakan optimis beberapa medali bisa dibawa pulang. “Kita sudah maksimal dalam waktu yang sempit. Dua tahun lagi kita akan maksimalkan dari berbagai sisi. Dukungan kebijakan adalah kuncinya,” tutup Kang Iful, demikian ia akrab disapa.(fga)

Redaksi

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Kabut Tipis di Koto Gadang Menyambut Peserta PJTLN Janang 2021

Next Post

604 Mahasiswa Ikuti Wisuda ke-86 UIN Imam Bonjol Gelombang Pertama

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat