Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi

Suarakampus.com- Sistem kekebalan tubuh adalah kinerja tubuh untuk mengatasi berbagai macam virus dan bakteri yang menjadi sumber penyakit. Apabila sistem kekebalan tubuh dapat dijaga dengan baik tentu kondisi kesehatan akan baik pula.

Namun, seiring berjalannya waktu kadang kita sering lupa menjaga sistem kekebalan tubuh karena terlalu sibuk dalam beraktivitas. Oleh karena itu, agar tubuh tetap sehat dan bugar kita perlu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat.

Apalagi dalam kondisi pandemi saat sekarang ini, sistem kekebalan tubuh akan bekerja lebih keras agar tubuh tidak terpapar virus. Agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga, berikut penulis paparkan beberapa langkah yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makan Buah dan Sayur

Sistem kekebalan tubuh akan terjaga bila kita seimbangi makanan yang bergizi dan kaya akan mineral. Untuk memenuhi asupan ini mengonsumsi buah dan sayur merupakan cara yang paling jitu agar asupan tetap terjaga seimbang.

Minum Vitamin dan Herbal

Selain itu, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh juga perlu tambahan minum vitamin dan herbal. Mengonsumsi vitamin dan minuman herbal akan dapat membantu meningkatkan daya imun dari tubuh.

Istirahat yang Cukup

Tubuh sepertinya tidak akan siap beraktivitas jika istirahat kurang. Istirahat yang cukup dapat mengurangi stres dan membuat badan menjadi lebih rileks.

Batasi Alkohol dan Berhenti Merokok

Sistem kekebalan tubuh dapat dijaga dengan tidak mengonsumsi alkohol dan menghisap rokok. Di samping membahayakan tubuh, alkohol dan rokok akan menimbulkan penyakit jangka panjang yang akan merugikan diri sendiri.

Rutin Berolahraga

Berolahraga adalah kegiatan yang memiliki segudang manfaat, apalagi berolahraga di pagi hari dan langsung terkena paparan matahari. Luangkan waktu 30 menit setiap harinya untuk berolahraga agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Membiasakan Diri Menjaga Kebersihan

Selain dari beberapa langkah diatas, perlu kita barengi dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dengan membiasakan diri menjaga kebersihan, tentunya kuman dan virus tidak akan mendekat.

Penulis: Oktri Lusiandi

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Kerajaan Sunyi

Next Post

Menemukan Kembali Mahasiswa

Related Posts
Total
0
Share