Begini Kisah Mapala Unand Bangun Musala di Kawasan Cadas Gunung Talang

Kondisi fisik Musholla Gunung Talang (Foto: Pegi Melati Sukama/ Mapala Unand)

Suarakampus.com- Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Andalas membangun MUsholla di Cadas Gunung Talang, Kabupaten Solok selama tiga hari berturut-turut secara gotong royong. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Mapala Unand, Farhan Furqani via whatsapp, Senin (15/02).

Furqan menyebutkan pembangunan MUsholla ini mendapatkan apresiasi dari Pokdarwis Kelompok Sadar Wisata Nagari Aia Batumbuak Kabupatan Solok. “Kami menggagas MUsholla ini karena terinspirasi dari musala yang ada di Gunung Prau Jawa Tengah dan alhamdulilah dapat apresiasi dari lingkungan sekitar Gunung Talang juga,” katanya.

Ia menuturkan pembangunan MUsholla ini berdampak pada kualitas ibadah para pendaki. “Semoga MUsholla ini digunakan semestinya, dan dapat mengatasi kesulitan para pendaki mencari tempat ibadah yang layak, dan menjadi tempat untuk mensyukuri nikmat Allah,” tuturnya ke wartawan suarakampus.com.

Lanjutnya, setelah Rektor Unand meresmikan MUsholla tersebut, kami terus berbenah dengan membuatkan bak untuk wadah penampung air. “Air akan dialiri menggunakan selang dari sumber air yang berada di sana,” lanjutnya.

Senada dengan itu, Dahril Jamil Hulu mengungkapkan ada kesulitan yang dihadapi selama proses pembangunan. “Pengangkutan material membutuhkan tenaga yang ekstra namun karena keyakinan dan kerja sama tim, Alhamdulillah Allah mudahkan,” ungkapnya.

“Saya sangat bersyukur bisa berkontribusi dalam pembangunan MUsholla ini, walaupun banyak suka dan duka, namun segala duka terbalaskan ketika musala ini sudah bisa digunakan,” lanjutnya anggota Mapala Unand itu.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Mapala Alpichanameru UIN Imam Bonjol Padang, Luthfi Fajri mengatakan kegiatan ini sangat menginspirasi karena telah membangun tempat ibadah tertinggi di Sumatra. “Ini merupakan kegiatan yang sangat baik karena intensitas pendaki Gunung Talang tergolong tinggi dan pembangunan tersebut tentu sangat memberikan dampak yang positif,” ungkapnya.

Lutfi berharap para pendaki dapat memanfaatkan dan merawat MUsholla sebaik mungkin. “Semoga MUsholla ini bermanfaat bagi kawan-kawan pendaki Gunung Talang dan digunakan sebaik-baiknya,” harapnya. (fga)

Wartawan: Wildan Yusro Bintang

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Akademisi Universitas Binus: Pandemi jadi Valuable Lessons Agar Tetap Kreatif

Next Post

Tips Menjaga Berat Badan Pasca Putus Cinta

Related Posts
Total
0
Share