Dekan Fakultas Syariah: Ikhwan Matondang

Sosok Ikhwan Matondang (Foto: Firga/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Ikhwan Matondang dilahirkan di Air Balam pada 18 Juli 1970 dari pasangan Hamdan dan Naimah. Ia menjadi mahasiswa Fakultas Syariah pada 1989 dengan Prodi Peradilan Agama di IAIN Imam Bonjol Padang (sekarang UIN), serta juga pernah berkuliah di Universitas Andalas. Kemudian, Ikhwan mengikuti tes untuk menjadi dosen dan kemudian lulus, lalu ditempatkan mengajar mata kuliah Fikih di IAIN Imam Bonjol Padang.

Tidak puas menimba ilmu, Ikhwan melanjutkan S2 tahun 1997 ke IAIN Syarif Hidayatullah. Selanjutnya menyelesaikan S3 pada 2006 di kampus yang sama.

Sebelumnya, sehabis Ikhwan menamatkan sekolah dasar pada 1983, ia bersekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Air Bangis tahun 1983 sampai 1986 dan melanjutkan pendidikan mulai 1986-1989 lalu di MAN I Air Bangis.

Pada tahun 2008-2015 ia diamanahkan menjadi Dekan Fakultas Ushuluddin UIN IB dua periode. Birokrasinya berlanjut pada 2015 sampai 2017 dilantik sebagai Wakil Rektor I UIN IB, sehabis mengabdi sebagai WR I ia ditunjuk menjadi WR III.

Untuk periode 2021-2025 Ikhwan masih dipercayai memimpin sebagai Dekan Fakultas Syariah. Pada jabatannya sekarang, Ikhwan mengakui banyak hal yang harus ia lakukan, di antaranya meningkatkan akreditasi prodi, menghidupkan suasana akademik, melakukan pembinaan kepada civitas akademika di Fakultas Syariah, serta mengatasi berbagai problematika di fakultas tempat ia mengabdi.

Sebagai kepala keluarga pada 11 April 1998, Ikhwan bersama Azhariah Fatia dikaruniai dua anak laki-laki dan dua perempuan, yaitu Sania Aniqa, Muhammad Nabil Ramadhan, Salwa Salsabila, dan Rifdi Hasan. Baginya perjalanan hidup yang tengah ia alami tidak luput dari ridho Allah dan doa orangtua. (ulf)

Wartawan: Juliano Bagas Saputra (Mg), Siti Hasanah (Mg) dan Ramiha Mawangi (Mg)

Total
0
Shares
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Founder Indscript Creative, Indari: Pebisnis Mesti Kreatif dan Produktif

Next Post

Kerjsama dengan Polresta Padang, UIN IB Kembali Gelar Vaksinasi Massal

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty