Fernando Pratama Berhasil Raih Juara 1 Design Grafis dalam Lomba Exposition

Potret Fernando Pratama, mahasiswa KPI berhasil raih juara 1 dalam lomba Exposition UIN Syekh M. Djamil Jambek cabang design grafis. (sumber: Siska/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK), Fernando Pratama berhasil meraih juara 1 desain grafis pada lomba Exposition (Expo). Lomba tersebut diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) KPI UIN Syech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Sabtu (22/06).

Nando mengungkapkan bahwa ia tidak menduga karyanya bisa terpilih menjadi juara, lantaran kurangnya persiapan karena ia baru diinformasikan 2 hari sebelum acara diadakan. “Saya tidak menduga, ternyata nama saya pertama yang disebutkan sebagai juara,” ungkapnya

Lanjutnya, ia menuturkan bahwa tema yang diberikan adalah tentang Pancasila, jadi ia memilih subtema Bhinneka Tunggal Ika pada karyanya. “Saya lebih menekankan makna pada tulisan Bhineka Tunggal Ika bukan sekedar kata tapi realitas indah yang harus dilestarikan,” tuturnya.

Ia mengujarkan, dalam mempersiapkan karyanya, Nando melakukan observasi untuk menyesuaikan dengan tema yang diberikan agar karya yang dibuat berbeda dari yang lain, namun tetap mencakup aspek budaya Indonesia. “Dengan observasi dan penentuan ide pastinya, karena sesuai tema yakni Pancasila,” tuturnya.

Untuk keunikan dalam desainnya, Nando menjelaskan bahwa Bhineka Tunggal Ika bukan hanya sekedar kata, namun mengimplementasikan dan menyeimbangkan proporsi dalam desainnya juga salah satu kesulitan untuknya. “Ini menjadi PR bagi saya, karena mengimplementasikan dan memadukan warna agar tidak bertabrakan, namun desain harus tetap penuh warna,” jelasnya.

Hasil karya design grafis Fernando Pratama yang berhasil raih juara 1 dalam lomba exposition UIN Syech M.Djamil Djambek Bukittinggi. (sumber: Fernando)

Ia berharap, jika acara diadakan lagi, jurusan bisa lebih menyiapkan untuk lomba ini, dan kedepannya bisa meningkatkan daya saing serta kreatifitas mahasiswa. “Bisa mempersiapkan lebih matang jauh jauh hari, meningkatkan daya saing juga kreatifitas kita,” harapnya.

Sehubungan dengan hal itu, Kepala Program Studi (Kaprodi) KPI, Meri Susanti juga memberikan apresiasi terhadap peserta yang telah mengukir prestasi. “Saya salut di tengah dilema generasi rebahan, kami menorehkan nama diujung pena bertinta emas, terus mengukir prestasi sesuai kreatifitasnya,” ujarnya. (rhm)

Wartawan: Sofi Asri (Mg), Siska Maharani (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Tanggapi Fenomena Nirempati, Komunitas React with Bestie Gelar Diskusi Publik

Next Post

Tim Fakultas Syariah UIN IB Raih Juara Unggul Debat se-Sumatera

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty