WR III: Lembaga Mahasiswa Tidak Berjalan, Pandemi yang Disalahkan

WR III UIN Imam Bonjol Padang, Ikhwan Matondang (Foto: Firga/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Situasi pandemi dijadikan sebagai kambing hitam dari tidak berjalannya lembaga mahasiswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang saat ini. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ikhwan Matondang saat diwawancarai tim suarakampus.com.

Ikhwan mengatakan lembaga mahasiswa merupakan wadah dalam mengembangkan kreativitas mahasiswa. “Setiap universitas pasti memfasilitasi wadah bagi mahasiswanya untuk berkarya,” katanya, Jumat (18/06).

Namun, hal ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh sebagian golongan mahasiswa, hingga seringnya terjadi kekosongan jabatan pada lembaga mahasiswa tersebut. “Dari dulu hingga sekarang, Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) ataupun Senat Mahasiswa (Sema) selalu bermasalah,” terangnya.

Ikhwan menuturkan kondisi lembaga mahasiswa yang jalan di tempat menyebabkan kampus kehilangan rekan kerja. “Kampus tidak lagi punya kaki tangan dalam melakukan pembinaan mahasiswa,” tuturnya.

Katanya, situasi lembaga mahasiswa UIN IB tidak sehat karena ada beberapa oknum yang mengedepankan kepentingan pribadi. “Penyakit yang tidak mau bersatu, mementingkan kepentingan kelompok dan selalu bergerak jika ada uang, itu yang menjadi penyebab ketertinggalan kita,” terangnya.

Ikhwan mengatakan idealnya lembaga mahasiswa itu harus bisa mandiri dan bersemangat dalam mengemban amanah yang ditetapkan. “Untuk mengaktifkan suatu lembaga tidak harus ada instruksi dari pimpinan, justru mahasiswa harus punya inisiatif sendiri,” tuturnya.

Ia juga menuturkan kampus telah memfasilitasi pergerakan mahasiswa dengan menyediakan anggaran dan sarana prasarana yang dibutuhkan. “Kami telah memberikan anggaran rutin, namun sayang realisasinya belum matang,” ucapnya.

Ikhwan berharap agar lembaga mahasiswa segera bangkit dari ketertinggalan tersebut. “Semoga rasa tanggung jawab semakin meningkat dan segera menyadari arti penting dari lembaga mahasiswa ini,” harapnya. (rta)

Wartawan: Firga Ries Afdalia

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Bahaya Narkoba Jenis Sabu Bagi Kesehatan

Next Post

Belum Berikan Hadiah, WR III: Kampus Masih Membereskan Administrasi PKM

Related Posts
Total
0
Share