Mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol Koto Laweh adakan Rihlah

Mahasiswa KKN Nagari Koto Laweh adakan rihlah bersama anak-anak Rumah Tahfiz Baitul Ikhlas (Foto: Firga/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang adakan rihlah bersama anak rumah Tahfiz Baitul Ikhlas. Kegiatan ini diadakan di Balai Ilia Nagari Koto Laweh, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Minggu (22/08).

Sebelumnya, kegiatan ini diawali dengan Malam Binaan Iman dan Taqwa (Mabit) pada Sabtu (21/08) di Masjid Baitul Ikhlas. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan rihlah yang diikuti anak-anak mulai dari kelas II SD ke atas.

Ketua KKN UIN Imam Bonjol Firman Delvi Hamdan mengatakan, bahwa kegiatan rihlah tersebut bagian dari rangkaian perpisahan bersama rumah tahfiz. “Lebih kurang satu bulan kami telah mengabdi di rumah tahfiz ini, maka untuk perpisahan kami adakan rihlah,” katanya.

Firman menuturkan, kegiatan rihlah dimeriahkan dengan berbagai perlombaan. “Mulai dari lomba tebak ayat hingga lomba estafet air dan tepung untuk hiburan,” tuturnya.

Lanjutnya, kegiatan Mabit diisi dengan kegiatan murajaah Al-Quran dan menambah beberapa teknik hafalan. “Mabit difokuskan untuk memperkuat hafalan,” jelasnya.

Guru tahfiz Baitul Ikhlas Rahmat mengatakan kegiatan rihlah tersebut sangat mengesankan. “Walaupun dengan tempat yang seadanya tapi suasananya luar biasa,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kegiatan rihlah tersebut sudah dirancang sebagai agenda bulanan yang kemudian dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol. “Rihlah memang telah menjadi agenda bulanan, tapi kali ini berdasarkan rancangan mahasiswa KKN,” jelasnya.

Rahmat mengatakan walaupun kegiatan tersebut telah sukses dilakukan, namun ia tetap berharap agar silahturahmi tetap berjalan ke depannya. “Semoga kegiatan ini tidak menjadi akhir dari silahturahmi kita,” harapnya.

Salah seorang peserta terbaik Ulvi antusias mengikuti kegiatan tersebut. Katanya permainan yang disediakan tidak hanya untuk hiburan namun juga untuk menguatkan hafalan.

“Kami sangat senang mengikuti rihlah hari ini, semoga di lain kesempatan bisa kita ulang lagi,” harapnya. (gfr)

Wartawan: Firga Ries Afdalia

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Sistem Perkuliahan Belum Jelas, Mahasiswa Tunggu Surat Edaran dari Pihak Kampus

Next Post

Pelaksanaan KKN PPM Reguler UIN IB Tahap I Resmi Ditutup

Related Posts
Total
1
Share