Menjaga Oli Kendaraan agar Tetap Aman dan Nyaman

Ilustrasi (Foto: Autochem.id)

Suarakampus.com- Oli merupakan suatu kebutuhan yang primer dalam menjaga kondisi mesin, agar mesin selalu dalam keadaan pima tentunya harus memilih oli terbaik untuk kendaraan yang dimiliki. Oli yang tepat tentunya akan memperpanjang kestabilan pada mesin, sebab mesin merupakan suatu inti dalam kinerja alat transportasi.


Kebiasaan kurang memperhatikan kondisi mesin dan tidak selektif dalam memilih oli mesin kendaraan akan berdampak ketika pemakaiaan jangka panjang. Untuk itu, mencegah dari sekarang lebih baik dari pada mencegah nanti agar mesin Anda berfungsi dengan maksimal.


Selektiflah dalam meimilih oli mesin, terutama pada kendaraan mewah. Oli dengan harga yang mahal bukan jaminan bahwa oli itu cocok untuk kendaraan Anda. Pilihlah oli yang cocok dan tepat untuk kendaraan Anda agar dapat memberikan peforma yang optimal.


Sebagian orang menganggap bahwa oli hanya berfungsi sebagai pelumas mesin, anggapan tersebut keliru. Oli mesin bukan hanya berfungsi sebagai pelumas mesin, berikut fungsi oli bagi kendaraan Anda.


Pendingin Mesin
Kendaraan merupakan alat transportasi berpergian, saat mesin kendaraan hidup cukup lama maka proses pembakaran yang lama tersebut akan ber efek pada pada mesin itu sendiri, dengan adanya oli mesin akan mengurangi efek panas saat mesin kendaraan berjalan.


Pembersih Mesin
Mesin kendaraan seringkali dimasuki debu, dengan adanya oli saluran-saluran dalam mesin akan tetap bersih.


Mengurangi Gesekan Mesin
Komponen mesin kendaraan seringkali terjadinya gesekan antar komponen, dengan hadirnya oli gesekan tersebut menjadi nyaman dan tidak menimbulkan bunyi suara yang besar.


Peredam Mesin
Saat kendaraan berjalan cukup lama tekanan mesin juga akan cukup bertambah, dengan adanya oli secara otomatis menjadi penyerap terkanan tersebut sehingga getaran yang terjadi pada kendaraan akan berkurang.

Mencegah Karat
Oli melapisi bagian logam yang ada pada mesin apabila masuknya air dan udara yang mengaggu kestabilan kinerja mesin.


Itulah beberapa tips dan fungsi oli bagi kendaraan. Dengan mengetahui dan memahami kondisi mesin kendaraan Anda terutama pada oli mesin. Sebab, oli yang berkualitas dan cocok dengan kendaraan akan membuat mesin Anda lebih terawat dan awet.

Penulis: Khairul Arif

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Dua Bulan Diundur, UIN IB Tetapkan Pelaksanaan Wisuda ke-85 Secara Daring

Next Post

RUU PDP: Realisasi Kebutuhan Masyarakat Melindungi Data Pribadi

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty