Mutamimatul Ula: Pentingnya Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) bagi Anak

Mutamimatul Menyampaikan Materi Pada Webinar yang Digelar Guru Inovatif Indonesia (Sumber: Januarica Amora Putri)

Suarakampus.com- Peran Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Sangat penting di era teknologi saat ini. Hal ini diungkap oleh Mutamimatul Ula, selaku pemateri webinar nasional “Inovasi Praktik Baik Pada Era Kurikulum Merdeka” yang digelar Guru Inovatif Indonesia pada 02 Januari 2023 lalu.

Katanya, MPI dapat membantu proses pembelajaran lebih cepat, karena anak-anak sudah tidak asing lagi dengan HP. Ia mengatakan, praktik pengembangan MPI sudah dilakukan dan dipraktekkan kepada peserta didik.

“Saya melakukan ini karena anak – anak saat ini tidak asing dengan HP,” katanya saat menyampaikan materi, Senin (02/01).

Lanjutnya, MPI digital ataupun non digital membantu mempercepat pemahaman peserta didik dalam mencerna materi yang diberikan, serta meningkatkan kualitas dalam pembelajaran.

“Kita perlu merancang metode pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan google form,” lanjutnya.

Ia kemudian menjelaskan, sebuah aplikasi bernama L-NINO merupakan MPI basis android mampu memberikan pengalaman belajar yang mendekati realea. “Tujuannya agar siswa mampu menggali materi lebih dalam dengan cara belajar yang relatif lebih mudah,” tuturnya.

Tambahnya, MPI merupakan integrasi dari beberapa media berupa audio, visual, animasi dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak. “Hal ini agar peserta didik mampu memahami pesan atau informasi yang disampaikan,” katanya.

Ia juga menuturkan, selain memiliki manfaat bagi peserta didik, hal tersebut juga berguna bagi guru sebagai sarana meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. “Proses tersebut menggunakan media pembelajaran yang tepat dan terarah,” sebutnya.

Ia berharap melalui MPI dapat mengembalikan semangat anak-anak. “Dengan menerapkan best practice ini pembelajaran dapat terlaksana dengan baik, maksimal dan tepat. (red)

Wartawan: Januarica Amora Putri (Mg) dan Febrian Hidayat (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Webinar Dema UIN IB: Fenomena SKEK Bagi Mahasiswa Semester Akhir, Masih Relevankah?

Next Post

Best Site For Meeting Singles . Best Sites for Dating

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty