Pentingnya Muhasabah Diri pada Bulan Ramadhan

By Pixabay


Suarakampus.com
Bulan Ramadhan adalah bulan di mana bulan untuk kembali memuhasabah diri bagi umat muslim. Sebab, dalam bulan puasa ini,  kita bisa melihat kesungguhan umat muslim yang bertahan hingga tarawih hari terakhir.

Ustadz Afridon dalam ceramahnya mengatakan, bulan ramadhan sudah menjadi hal lumrah di tengah masyarakat yang memeluk Agama Islam, hanya sepuluh hari pertama pada bulan Ramadhan masjid ataupun mushala dipenuhi oleh jamaah. “Kenyataan di tengah-tengah umat Islam terdapat berbagai ibadah yang seharusnya dikerjakan, namun  tidak semuanya sanggup melaksanakannya,” tuturnya saat menyampaikan ceramah di Mushalla Kandis Rumah Tigo Ruang, Minggu (03/04).

Meski begitu, menurutnya kebiasaan tersebut dapat dihilangkan maupun diminimalisir dengan menerapkan muhasabah diri. “Perlu muhasabah diri untuk meningkatkan ibadah selamah ramadhan dari tahun ke tahun,” ucapnya.

Lanjutnya, terdapat tiga cara yang bisa menghantarkan umat Islam agar mendapatkan faedah keistimewaan bulan Ramadhan. “Selain berpuasa pada siang hari, umat muslim juga mengerjakan  shalat tarawih, serta tadarus penuh selama malam bulan Ramadhan,” Lanjutnya.

Ustadz Afridon beranggapan, shalat tarawih dan tadarus sebagai amalan sunnah yang tidak wajib dikerjakan mesti dijauhi. Sebab, kata dia, sunnah ini hanya ada pada bulan Ramadhan sehingga sangat rugi jika tidak dikerjakan sebaik-baiknya. “Banyak selama ini dari kita mengandalkan puasa saja, tapi tidak diiringi dengan shalat tarawih,” tuturnya.

Kemudian, kata dia, selama bulan Ramadhan, pemeluk agama Islam juga disuruh menjauhi sifat-sifat tercela. Pasalnya,  nabi pernah berkata banyak umatnya berpuasa tapi yang ia dapat hanya rasa haus dan lapar. “Karena apa, sebab banyak melakukan perbuatan tercela, yang akan merusak nilai ibadah seperti gunjing, hasad dan penyakit hati,” terangnya.

Selain itu, ia menerangkan, umat Islam juga dianjurkan untuk meningkatkan yang namanya sifat-sifat terpuji. “Perbanyak senyum dan sedekah, insyaallah akan mendukung untuk kesempurnaan ibadah pada bulan Ramadhan,” ucapnya.

Ustadz Afridon mengatakan agar derajat ibadah meningkat di mata Allah SWT, maka rutin melaksanakan ibadah terkhusus pada bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya. “Biarlah orang mencari bakso, membuat kue raya, namun bagi kita, mari lepaskan diri dari api neraka dengan rajin beribadah,” harapnya. (nsa)

Wartawan: Redaksi

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Ramadhan Bulan Penuh Berkah

Next Post

Memetik Banyak Hikmah Selama Puasa di Bulan Ramadhan

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty