Kepindahan Mahasiswa ke Kampus III, Berdampak pada Pendapatan Omset Pedagang Pujasera

Kondisi Pujasera pasca kepindahan beberapa fakultas ke Kampus III UIN Imam Bonjol Padang. (Sumber: Mifa/suarakampus.com)

Suarakampus.com– Omset pedagang Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) di Kampus II UIN Imam Bonjol Padang Lubuk Lintah menurun drastis. Hal tersebut dialami pasca kepindahan tiga fakultas ke Sungai Bangek, Sabtu (25/02).

Pedagang bernama Erna Liza mengatakan, kepindahan mahasiswa ke kampus III menjadikan omset penjualannya menurun drastis. Pasalnya, hanya mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) yang berbelanja. “Keluhan ini juga dirasakan oleh pedagang lain,” sebutnya.

Lanjutnya, ia menuturkan kondisi Pujasera terpantau sepi setiap harinya dibanding kondisi sebelumnya, sehingga banyak pedagang yang tidak lagi berjualan di sana dan berencana untuk pindah ke Kampus III UIN IB Padang. “Biasanya sekitar jam 10.00 pagi Pujasera sudah dipenuhi oleh mahasiswa,” ucapnya.

Sementara itu, Yanti menyebutkan tetap berjualan di Pujasera kampus II. Kendati demikian, banyak kendala untuk pindah ke Kampus III. “Di kampus III banyak truk yang lewat dan debu membuat tidak nyaman untuk berjualan,” tuturnya.

Sama halnya dengan Muhammad Kifli, ia mengungkapkan tetap berjualan di kampus II. Pasalnya, akses ke kampus III susah. “Jaraknya jauh dan di sana susah untuk menyimpan barang jualan,” katanya.

Kemudian, ia menjelaska, sekitar jam 15.00 WIB, pedagang sudah bersiap-siap untuk menutup warungnya. Sekarang, pedagang di Pujasera menutup menjelang waktu magrib. “Omset yang biasanya sekitar 2 juta, sekarang hanya mencapai 500 ribu,” tambahnya.

Ia berharap, semoga ke depannya omset penjualan bisa kembali seperti semula dan penerimaan Calon Mahasiswa Baru (Camaba) untuk FTIK lebih banyak. “Saat ini jalani dulu, semoga pembeli kembali ramai seperti biasa,” harapnya. (una)

Wartawan: Mifa Nurhaliza (Mg), Nadhira Syauqi (Mg).

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

WR II: UKT Mahasiswa Tidak Ada Kaitannya dengan Transportasi Bus Kampus

Next Post

Optimalisasikan Kinerja Kepengurusan, HMP PGMI Gelar Upgrading

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty