Sema FST UIN IB Berikan Hak Memilih Lewat Pemira

Suarakampus.com- Senat Mahasiswa (Sema) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Imam Bonjol Padang langsungkan Pemilihan Mahasiswa Raya (Pemira) periode 2024-2025. Pemilihan tersebut dilakukan di lantai Cebeles FST kampus III Sungai Bangek, Kamis (30/11).

Ketua Pelaksana, Fikri mengatakan, Pemira yang dilakukan untuk Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) FST, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Sistem Informasi serta Matematika periode 2024-2025. “Untuk paslon Dema satu orang, HMP Sistem Informasi satu orang dan tiga paslon dari Matematik,” katanya.

Ia melanjutkan, pencoblosan untuk paslon ketua Dema FST diikuti oleh seluruh civitas akademik fakultas. Sedangkan suara untuk kandidat HMP dari civitas masing masing prodi.

“Untuk pencoblosan dilakukan pagi dari jam 08.00 hingga 15.00 dan dilanjut untuk penghitungan suara oleh panitia. Hasilnya akan diumumkan hari ini Kamis 30 November,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Sema FST periode 2023-2024, Ihksan mengatakan, Tujuan dilakukan Pemira memberi hak mahasiswa untuk memilih pemimpin himpunan dalam program studi maupun fakultas. “Seluruh civitas akademik FST menggunakan hak suaranya untuk menentukan pemimpinnya,” katanya.

Kemudian, ia menuturkan, mahasiswa yang mencalonkan dirinya untuk menjadi pemimpin di fakultas maupun prodinya harus memenuhi syarat yang telah ditentukan panitia Pemira. Seperti telah pernah menjadi pengurus Organisasi Ormawa intra kampus yang dibuktikan dengan Surat Keputusan.

“Semoga berjalan secara adil dan transparan serta dan tidak ada kecurangan saat penghitungan suara. Serta simulasi demokrasi yang dilakukan secara Pemira tetap ada kedepannya,” harapnya.

Salah satu pencoblos dari prodi Sistem Informasi, Diki melihat dari setiap paslon sangat antusias menjadi pemimpin untuk fakultas maupun jurusan. “Siapa saja yang terpilih nantinya bisa memajukan jurusan masing – masing terutama dalam pengembangan Inovasi di fakultas,” harapnya. (hrd)

Wartawan Rahmat Awal Saputra (Mg), Annisa Febrina Pasaribu (Mg) dan Shinta Rizki (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Hasbunallah Haris, Kembali Peroleh Penghargaan Mahasiswa Berprestasi pada Dies Natalis UIN IB

Next Post

Harlah FEBI ke 8, Dekan: Momentum dalam Memperkuat Ekonomi

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty