“Siakad” Wajah Baru Layanan Sistem Informasi Akademik UIN IB

Mahasiswa UIN IB tengah membuka Siakad (Foto: Zulis/suarakampus.com)

Suarakampus.com– UIN Imam Bonjol Padang miliki Sistem informasi akademik (Siakad) cloud sebagai peralihan dari portal akademik yang lama. Peralilhan ini sudah dilakukan sejak Senin (17/10) lalu.

Selaku Kepala UPT TIPD Zulfrendri Hasan mengatakan bahwa, adanya kepindahan sistem tersebut dilakukan sebagai salah satu cara memperbaiki layanan akademik. “Tujuannya untuk melakukan kecepatan dalam bentuk laporan pada portal akademik kampus,” ungkapnya saat diwawancarai tim suarakampus.com.

Lanjutnya, Siakad terdapat beberapa keunggulan dibandingkan dengan portal akademik yang sebelumnya. “Bukan hanya layanan informasi saja, tapi juga ada beberapa aplikasi seperti sistem informasi manajemen kepegawaian,  lanjutnya.

Selain itu, Zulfrendri turut menjelaskan Siakad merupakan sistem informasi yang cukup kompleks dan sudah terintregrasi satu sama lain. “Canggihnya ada data-data mahasiswa mulai dari maba hingga mereka sudah menjadi alumni,” jelasnya.

“Nanti terdapat fitur-fitur canggih seperti menu materi, tugas dan kuis serta layanan siakad tetap stand by 24 jam,” sambungnya.

Kemudian, kata dia, pelayanan akademik ini sudah didukung dengan sistem could. “Ketika listrik mati, layanan akademik di Siakad akan tetap berjalan,” katanya.

Zulfrendri berharap dengan adanya siakad mampu memperlancar kerja layanan akademik civitas academica. “Semoga tidak ada kendala lagi ketika mengakses portal baru kita,” harapnya.

Bagi mahasiswa yang belum mengetahui cara penggunaan layanan Siakad could, berikut tahapannya:

1. Buka halaman https://siakad.uinib.ac.id
Setelah masuk pada website di atas terdapat menu untuk memasukkan nim dan password. 
2. Ganti password akun Siakad could
Mahasiswa diharapkan untuk mengganti kata sandi pada layanan ini, karena menghindari pembobolan akun dan penyebaran data pribadi.

Itulah cara penggunaan Siakad yang bisa dipraktekkan oleh Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. (nsa)

Wartawan: Zaitun Ul Husna, Idhar Rahman, Ramitha Mawangi

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa, HMJ TBI Gelar Even Fantastic English

Next Post

Kekerasan Seksual dan Minimnya Ruang Aman dalam Keluarga

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat