Tips Mengatasi Kulit Kering dan Gatal

Ilustrasi Artikel (Foto: Asih/suarakampus.com).

Suarakampus.com- Kulit kering dan gatal sangatlah menganggu dan ini disebabkan oleh berbagai hal. Penyebabnya seperti pemilihan sabun yang tidak tepat dan kulit sensitif dengan perubahan iklim. Umumnya masalah ini terjadi ketika lapisan epirdemis (kulit paling luar) kekurangan cairan dan minyak alami.

Perlu kita ketahui kulit kering dan gatal bisa muncul di bagian tubuh mana pun, tetapi lebih sering di bagian lengan, tangan dan kaki. Hal tersebut sangatlah menganggu, karena ketika kulit menjadi kering akan lebih sensitif dan mudah gatal. Terkadang juga bisa menimbulkan munculnya ruam atau luka pada kulit.

Untuk mengatasi hal itu perlu dicatat di lansir dari alodokter.com, berikut enam hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kulit kering dan gatal:

Menggunakan Pelembap Secara Rutin

Jika kamu memiliki kulit yang kering jangan lupa selalu menggunakan pelembap sesaat setelah mandi, mencuci muka atau mencuci tangan. Pelembap ini berfungsi untuk menjaga kelembapan di kulit agar tidak mudah hilang. Paling penting pilih pelembap yang tidak mengandung zat iritatif, seperti parfum dan pewarna untuk menghindari iritasi.

Menggunakan Kompres Dingin

Jika rasa gatal akibat kulit kering terasa terus mengganggu, kamu bisa mengompres kulit dengan kain yang telah direndam air dingin. Pemberian kompres dingin ini juga dapat mencegah kamu terlalu sering menggaruk kulit yang gatal.

Memilih Produk Sabun Mandi yang Tepat

Disarankan kamu memilih produk sabun mandi yang berbahan dasar ringan dan tanpa pewangi. Karena sabun yang mengandung deodoran dan pewangi pada umumnya mengandung bahan-bahan yang dapat menghilangkan kelembapan kulit. Jika memiliki kulit yang sensitif sebaiknya kamu memilih sabun yang berlabel hypoallergenic.

Selain itu, jangan terlalu sering mandi dan batasi waktu mandi setidaknya 10–15 menit saja. Usahakan kamu mandi menggunakan air dingin atau hangat, terlalu sering mandi dan menggunakan air yang terlalu panas bisa mengurangi kelembapan kulit.

Menggunakan pelembap Udara (humidifier)

Sering beraktivitas di ruangan ber-AC juga dapat menyebabkan kulit kering. Untuk mengatasi hal itu kamu bisa menggunakan humidifier untuk melembapkan udara dan mencegah kulit kering. Selain itu, alat ini juga dapat mencegah kambuhnya gejala alergi kulit akibat paparan debu.

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Rokok juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar, karena merokok dapat membuat aliran darah menjadi kurang lancar. Paparan asap rokok juga dapat memperparah gejala eksim, sehingga kulit lebih rentan kering dan gatal.

Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan Sekitar

Kulit gatal dan kering tak jarang juga disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Banyaknya debu dan serangga kecil, seperti tungau dapat menjadi salah satu penyebab kulit kering dan gatal. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan tempat tinggal.

Meskipun masalah kulit kering dan gatal ini terlihat ringan, tetapi sebaiknya tidak dianggap sepele. Jika masalah kulit yang kamu alami tidak kunjung membaik dalam waktu dua minggu atau muncul gejala infeksi pada kulit yang ditandai dengan kulit kemerahan, bengkak dan bernanah, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan ketika mengalami masalah kulit kering dan gatal. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan apalagi di masa pandemi ini. (ulf)

Penulis: Rinta

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

UIN IB Berduka Atas Meninggalnya Anwar Syarkawi

Next Post

Diskriminasi di Sekolah Merugikan Peserta Didik

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat