Tujuh Amalan dalam Menyambut Bulan Ramadan Menurut Ustaz Hafiz

Kajian rutin di Masjid Al-Azhar, Pasaman barat, bersama Ustaz Hafizh(sumber: Ramadhani/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Ustaz Hafizh ungkap tujuh amalan penting dalam menyambut Bulan Ramadan. Hal tersebut disampaikan dalam kajian rutin selepas salat maghrib yang diadakan di Masjid Al-Azhar, Pasaman barat, (25/01).

Lanjutnya, Ramadan merupakan bulan yang penuh keberkahan dan kemuliaan pasalnya amalan yang dilakukan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. “Untuk itu lakukan amalan terbaik, dan tinggalkan yang buruk,” tegasnya.

“Seperti menahan hawa nafsu selama berpuasa,” sambungnya.

Ia menjelaskan bahwa ada tujuh amalan yang perlu umat muslim tingkatkan dalam menyambut Bulan Ramadan, yang pertama ialah Membayar Utang puasa Ramadan tahun Lalu. ” Hendaklah melunasi utang puasa sebelum berakhirnya bulan Syaban,” Jelasnya

Kemudian, amalan kedua yaitu memperbanyak Puasa Sunnah pada Bulan Syakban
Sebulan sebelum Ramadan. “Imam Asy-Syafi’i menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW berpuasa hampir sebulan penuh pada bulan Syakban,” lanjutnya

Ketiga yaitu memperbanyak membaca al-Qur’an. “Perbanyak membaca al-Qur’an dan belajar tentang al-Qur’an,” ucapnya.

Keempat, membekali diri dengan Ilmu-ilmu  berkaitan tentang puasa Ramadan. ” Beberapa di antaranya adalah masalah hukum, tata cara, dan berbagai aturan syari’at yang berkaitan dengan puasa, ” terangnya.

Kelima, memperbanyak doa agar dapat berjumpa dengan bulan Ramadan, dan yang keenam menata niat dan berusaha meningkatkan amalan-amalan kebaikan. ” Berdoa dan selalu berharap kepada Allah,” Lanjutnya.

Terakhir, ziarah kubur,  Meski bukan merupakan tuntutan agama melainkan tradisi masyarakat, namun ziarah merupakan bentuk rasa syukur. “Kegitan tersebut bentuk rasa syukur karena masih diberi kesempatan untuk menyambut Ramadan, ” katanya.

“Berusaha melakukan kebaikan dan bersemangat dalam menyambut Ramadan tahun ini dengan amalan terbaik kita,” tutupnya.(red)

Wartawan: Ramadhani (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Kebakaran Ponpes Tarbiyah Islamiyah At-Taqwa Canduang, Alumni Lakukan Open Donasi

Next Post

HUT AJI Padang ke-19 Tahun, Menguatkan Generasi Baru

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty