UIN IB Raih Peringkat Kedua Lomba MHQ di PKM se-Sumatra

Sosok Muhammad Syahid Ansharullah (Foto: Rinta/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang raih peringkat kedua cabang lomba Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) 10 juz putra pada acara Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) se-Sumatera tahun 2021. Pada perlombaan ini UIN IB diwakili oleh mahasiswa jurusan Ilmu Alquran Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) Muhammad Syahid Ansharullah.

Syahid mengungkapkan senang bisa dipercaya sebagai utusan kampus dalam lomba MHQ di PKM se-Sumatera. “Jangankan menang lomba, dipercaya untuk menjadi utusan UIN IB saja saya sudah senang, apalagi diizinkan Allah untuk menjadi juara,” katanya, Sabtu (29/05).

Sebelumnya ia sudah pernah mengikuti perlombaan tahfiz tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). “Saya sudah pernah mengikuti lomba tahfiz, tapi untuk mengikuti PKM se-Sumatera baru kali ini,” tambahnya.

Syahid menuturkan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum perlombaan, terutama kesehatan dan kelancaran hafalan. “Selain kesehatan badan, suara juga harus diperhatikan, jika ingin mendapatkan hasil yang baik, tentu dinilai dari kelancaran hafalan, tajwid yang benar dan suara yang enak didengar,” jelasnya.

Lanjutnya, tantangan yang dihadapi di perlombaan ini yaitu bagaimana mempertanggungjawabkan hafalan yang akan dilombakan. “Apakah di hari lomba nanti hafalan lancar atau tidak, itu menjadi tantangan,” tuturnya.

Ia juga mengatakan motivasinya mengikuti kegiatan ini untuk mencari ridha Allah sekaligus mengharumkan nama kampus. “Saya mengikuti lomba ini selain untuk mencari ridha Allah dan melancarkan hafalan, juga bisa untuk membawa nama baik kampus,” ungkapnya.

Adapun pengalaman yang bisa ia petik dari kegiatan perlombaan ini yaitu terjalinnya silaturahmi. “Dengan ini silaturahmi antar kampus terjalin, selain itu kita tau batas kemampuan kita dalam lomba ini,” imbuh Syahid.

Syahid berharap bisa mengharumkan nama UIN IB di tingkat sumatera dan nasional. “Semoga saya bisa mengharumkan nama kampus dan lebih baik lagi dalam semua cabang lomba, khususnya MHQ ini,” harapnya. (gfr)

Wartawan: Rinta Farianti

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Dukung PJJ, Kemenag Salurkan Bantuan Paket Kuota Internet

Next Post

Komunitas Gubuak Kopi Kembali Gelar Daur Subur di Solok

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat