Dema FEBI Gelar Talkshow Bahas Investasi Di masa Muda Pada Generasi Gen Z

Potret talkshow (sumber: Syarif/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) gelar talkshow mengenai investasi di masa muda. Pengenalan investasi di masa muda Generasi z ini antara tahun 1997- 2012.

Chairi Madola dari PT Busa Efek Indonesia mengatakan, cara melihat produk sehingga dapat keuntungannya dimanafaatkan untuk masa depan punya seni tersendiri. “Punya seni tersendiri ketika teman-teman berinvestasi memilih produk yang tujuannya untuk mendapatkan untung,” katanya.

Lanjutnya, hasil sensus 2020 menunjukkan Sebanyak 27,94% penduduk Indonesia adalah berasal dari generasi z.

Tambahnya, lulusan UIN IB akan menghadapi tantangan dan untuk menghadapi tantangan ini dibutuhkan seni. “Asah kemampuan kita melalui soft skill, hard skill, dan update diri sehingga kesulitan mendapatkan kerja itu tidak kita alami,” ucapnya.

Masa depan gen z akan mengalami beberapa hal yaitu:

  1. Sulit mendapatkan pekerjaan
  2. Fomo (takut ketinggalan trend atau zaman)
  3. Semakin tahun harga infalsi barang makin naik dan mata uang semakin menurun, maka dari itu penting untuk melakukan investasi.

Kebutuhan atau keinginan merupakan perbedaan yang mendasar, kebutuhan adalah suatu hal yang harus kita penuhi seperti mengusahakan tempat tinggal makanan. Keinginan ini sifatnya bisa dibilang sunah, jika kebutuhan sudah terpenuhi maka baru dipenuhi keinginan.

Jangan hanya menabung saja karna zaman sekarang investasi sangat dibutuhkan dalam jangka panjang. “Investasi untuk mendapatkan keuntungan tujuannya menyimpan dalam waktu panjang,” ungkapnya.

kemudian, di Indonesia menteri keuangan sri mulyani mengatakan, kebanyakan uangnya diam-diam saja bekerja sampai pensiun. Tapi kalau di luar negeri orang kerja santai, uangnya berkerja keras untuk orang tersebut.

“Pertumbuhan baru investor selama pandemi satu tahun tercipta satu juta investor, yang biasanya 300 investor. Didominasi oleh investor gen z, jumlah investor sekarang ini diperoleh oleh investor domistic,” tutupnya. (Ira)

Wartawan: Elsa Mayara (Mg), Ilda Aisyah (Mg), M. Syarif Hidayatullah (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Kepala Unit Bisnis Bantah Keluhan Terkait Tidak Adanya Jadwal Operasional Bus

Next Post

UPT Perpustakaan UIN IB Buka Pelatihan Literasi Informasi

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty