Memperingati 1 Muharram, HMP MD Gelar Kajian Islami

(Sumber: Andi/suara kampus.com)

Suarakampus.com- Memperingati 1 Muharram, Himpunan Mahasiswa Progam Studi (HMP) Manajemen Dakwah (MD) gelar kajian Islami. Kajian tersebut mengangkat tema merajut ukhuwah islamiyah dengan menghidupkan semangat hijrah pada era digital menuju perubahan yang lebih baik di tahun 1446 H, Selasa (9/7).

Ustadz Rakel mengatakan, tujuan ceramah tersebut untuk membahas pentingnya persaudaraan Islam dan semangat di zaman modern. “Ukhuwah Islamiyah merupakan hal yang sangat penting dalam Islam sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah SAW,” katanya.

“Rasulullah SAW mengatakan bahwa seorang muslim belum sempurna imannya hingga ia mencintai saudaranya sesama muslim sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri,” tambahnya.

Ia menjelaskan, Islam mengajarkan kita untuk mencintai sesama muslim layaknya satu tubuh yang saling terkait apa yang telah kita ajarkan. ” Untuk bisa merasakan apa yang dirasakan oleh saudara kita sesama muslim,” ungkapnya.

Lanjutnya, hijrah diartikan sebagai perpindahan dari keadaan yang kurang baik menuju keadaan yang lebih baik pada suatu daerah. ” Hal ini merupakan proses perbaikan diri secara terus menerus bukan merasa diri sudah sempurna,” ucapnya.

Ia menuturkan, hijrah bagi generasi muda di era digital saat ini sangatlah sulit karena teknologi yang pesat tantangan utamanya adalah menggunakan dengan sebaiknya. “Kita diperbolehkan menggunakan teknologi modern asalkan sesuai dengan kaidah Islam teknologi sebaiknya dimanfaatkan untuk kebaikan,” tuturnya.

Ia berharap, pemuda muslim memiliki peran penting dalam kemajuan bangsa serta agama. Ini merupakan bentuk suatu harapan untuk memberi pengaruh positif. “Generasi muda muslim memikul tanggung jawab yang besar untuk masa depan negara dan agama, mereka berpotensi menjadi pemimpin di berbagai bidang guna memajukan bangsa,” tutupnya. Ira

Wartawan: Fitri Suhama (Mg), Isyana Nurazizah Azwar (Mg), dan Verlandi Putra (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Advokat Muslim Ungkap Hukum sebagai Alat Legitimasi dan Perlindungan Kepentingan Oligarki

Next Post

Pemerintah Nagari Batu Manjulur Sijunjung Sambut Kedatangan Mahasiswa KKN Angkatan 50

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty