Tips Mengerjakan Skripsi di Masa Pandemi

Menyelesaikan tugas akhir atau skripsi bagi mahasiswa merupakan sebuah tantangan yang mesti dihadapi agar dapat meraih gelar sarjana. Terlebih di masa pandemi seperti hari ini, hampir semua kampus di seluruh Indonesia memberlakukan pembelajaran daring untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Tentunya hal tersebut juga berpengaruh terhadap proses pengerjaan skripsi bagi mahasiswa.

Berikut ini tips mengerjakan skripsi di masa pandemi:

1. Memilih judul yang tepat

Usahakan judul yang dipilih sesuai dengan situasi dan kondisi yang mendukung. Artinya, judul atau tema skripsi yang akan ditulis harus disesuai dengan referensi yang mudah diakses, serta fasilitasi dan kemampuan yang mencukupi .

2. Cari objek yang mudah dijangkau

Objek adalah hal utama yang perlu di perhatikan, jika kita berada di kampung, carilah objek yang ada di kampung tersebut, terutama pada saat pendemi ini usahakan objeknya mudah untuk dijangkau sesuai kemampuan.

3. Sesuaikan judul skripsi dengan bidang dosen pembimbing

Kesalahan mendasar yang sering dilakukan mahasiswa yang akan mengerjakan skripsi adalah memilih judul atau tema penelitian yang tidak sesuai dengan bidang dosen pembimbing akademik. Agar pengerjaan skripsi dapat berjalan dengan lancar, tentukanlah judul yang berhubungan dengan tupoksi dosen pembimbing.

4. Jangan terpengaruh oleh lingkungan

Di masa pandemi ini, kebanyakan mahasiswa berada di kampung halaman masing-masing. Suasana kampung halaman ini sangat mempengaruhi pola pikir dan semangat mahasiswa dalam pengerjaan skripsi. Untuk itu, jangan sampai suasana rumah membuat kamu lalai dalam pengerjaan skripsi. Tetaplah fokus dan mengatur waktu dengan baik. Ciptakanlah susasan yang nyaman agar skripsimu dapat diselesaikan dengan baik

5. Manfaatkan media teknologi dengan tepat

Referensi merupakan hal yang paling utama dalam pembuatan skripsi. Di saat sekarang ini referensi merupakan problem utama yang menjadi penghalang dalam pembuatan skripsi. Jadi cobalah untuk memanfaatkan teknologi seperti e-book, jurnal dan berbagai referensi lainnya yang mendukung pengerjaan skripsimu

6. Perbanyak membaca

Kamu tidak akan dapat menulis skripsi dengan baik jika tidak diiringi dengan membaca. Sebab membaca adalah pondasi dalam penulisan skripsimu. Bacalah referensi sebanyak-banyaknya, sebab itu akan sangat membantumu dalam menciptakan ide dan berabgai gagasan. Selain itu membaca adalah kewajiban bagi seorang yang terpelajar.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Talkshow Kemuslimahan Bahas Peran Wanita bagi Peradaban Kehidupan

Next Post

PBHI Sumbar: Penembakan Deki Susanto adalah Pelanggaran HAM Serius

Related Posts
Total
0
Share