UKM PMI Lakukan Donor Darah, UTD Kota Padang: Menurunkan Risiko Penyakit

Pelaksanaan Donor Darah di Kampus III Sungai Bangek (Sumber; Winda/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Manfaaat donor darah bagi masyarakat mencegah kanker dan melancarkan sirkulasi darah untuk tubuh. Hal tersebut dikatakan oleh Petugas UTD PMI Kota Padang Lismawati, saat kegiatan donor darah di UIN Imam Bonjol Padang, Jumat (01/12).

“Untuk kesehatan jantung, menurunkan risiko penyakit, berat badan, dan dapat mendeteksi penyakit. Adapun dampak negatifnya, tidak keseimbangan sistem di dalam tubuh,” katanya.

Lismawati mengatakan, darah yang telah didonorkan akan diproses menjadi komponen-komponen seperti sel darah merah, plasma, dan trombosit. Selanjutnya, darah tersebut dapat disimpan dalam kondisi bersih. “Proses ini membantu memastikan bahwa darah yang didonorkan dapat memberikan manfaat maksimal bagi penerima darah,” tuturnya.

Ia melanjutkan, harga satu kantong darah sebasar Rp490.000. pembayaraan yang dilakukan untuk Biaya Pengganti Pengelolaan Darah (BPPD). Seperti jarum suntik, selang, dan kantong sekali pakai. “Apabila mempunyai bahwa BPJS bisa mengambil darah secara gratis di UTD PMI,” ucapnya.

Pelaksanaan donor darah tersebut bertujuan membantu masyarakat yang membutuhkan darah karena di UTD Kota Padang sedang tidak ada persediaan darah. “Sekarang stok darah kita terbatas, sehingga tidak mencukupi permintaan dari berbagai rumah sakit,” Jelasnya.

Sementara itu, Koordinator lapangan donor Darah UIN IB Padang, Iqbal Anugrah mengatakan, kegiatan ini telah berlangsung selama dua hari di Aula Mansur kampus Lubuk Lintah. “Sudah terkumpul 50 kantong darah sedangkan pelaksanaan donor darah di kampus III belum dijumlahkan,” katanya.

“Semua golongan darah diperlukan. Namun yang sulit ditemukan golongan darah AB,” tambahnya.

Ia memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah mendonorkan darahnya. “Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada pendonor yang sudah ikhlas berbagi darahnya terhadap masyarakat yang membutuhkan,” tutupnya.

Sebagai informasi, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM0 PMI UIN IB padang melakukan kerja sama dengan UTD Kota Padang untuk melakukan aksi donor darah ini. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari mulai dari tanggal 27, 28, November dan dilanjut ditanggal 01, 02 dan 10 Desember di kampus III Sungai Bangek dan Gor Agus Salim. (hrd)

Wartawan: Ilda Aisyah (Mg), Muhammad Hafidz(Mg), Winda Nurchairahni(Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Perayaan Harlah Ke-8, FEBI Umumkan para Pemenang Lomba Islami dan Olahraga

Next Post

PSM Al-Qindy Swara Terima Penghargaan, Berhasil Menangkan Paduan Suara Tingkat Sumatera

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty