Dosen FDIK UIN IB: Banyak Hikmah di Bulan Ramadan

Sosok Dosen FDIK, Nazirman (Foto: Melani/Kemuslimahan Al-Hikmah)

Suarakampus.com- Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK), UIN Imam Bonjol Padang, Nazirman mengatakan bulan Ramadan mengandung banyak hikmah dan manfaat. Pasalnya, semua aktivitas ubidiyah yang dikerjakan semata-mata mengharap rida Allah pada bulan Ramadan akan bernilai ibadah.

“Bulan Ramadan disebut juga dengan nama syahrul mubarak dan maghrifah, karena segala dosa diampuni jika benar-benar mendirikan Ramadan dengan amal ibadah,” ungkapnya saat penyampaian materi bertajuk Hikmah Bulan Ramadan, secara virtual, Selasa (20/04).

Lanjutnya, puasa juga dapat menyehatkan tubuh, karena faktor utama pemicu sakit adalah jadwal makan yang tidak teratur. Selain itu, ia juga menilai bulan Ramadan sebagai ajang latihan menguji kesabaran, keikhlasan dan memahami kesulitan orang lain.

“Mengerjakan puasa bisa menyeimbangkan kebutuhan fisik dan mental, dalam artian membebaskan diri dari tekanan kejiwaan,” ucap Sekretaris Prodi Bimbingan Konseling Islam itu.

Sambungnya, bulan Ramadan dapat menyatukan kaum muslimin tanpa memandang kaya ataupun miskin lewat zakat fitrah. “Zakat fitrah dapat mensucikan diri orang yang berpuasa dengan membantu orang miskin dalam memenuhi kebutuhannya pada hari raya Idul fitri,” terangnya.

Ia berpesan kepada kaum muslimin agar tidak menyia-nyiakan bulan Ramadan dengan memperbanyak amal dan melatih diri. “Ramadan melatih kita untuk bisa menciptakan rasa bahagia dan sejahtera antar sesama,” tutupnya. (ulf)

Wartawan: Salsa (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Cairan Elektrolit Bantu Hindari Dehidrasi Pada Tubuh

Next Post

Eksistensi Ulama-Ulama Minangkabau dan Spesialisasi Keilmuannya

Related Posts
Total
0
Share