Jelang UM-PTKIN, UIN IB Lakukan Simulasi SSE

Simulasi uji coba SEE UM-PTKIN yang dilaksanan UIN IB (Sumber: M.Abdul Latif/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang melaksanakan uji coba Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Kegiatan tersebut berlangsung dari Selasa hingga Rabu (7-8/06/22) mendatang.

Kepala Akademik dan Kemahasiswaan (Akama) UIN IB Afnida Nengsih mengatakan, terdapat 1.666 calon mahasiswa yang akan mengikuti UM-PTKIN pada (14-17/06/22) mendatang. “Kegiatan ini merupakan persiapan untuk pelaksanaan UM-PTKIN nantinya,” lugasnya, Selasa (07/06).

Katanya, pelaksana UM-PTKIN yang berada di UIN IB berasal dari staf akademik dan rektorat UIN IB. “Kegiatan ini dihandle langsung oleh pegawai kita,” sebutnya.

Kendati demikian, kata dia, mekanisme pelaksanaan UM-PTKIN tetap diatur oleh panitia pusat. “Kita hanya pelaksana, regulasi tetap diatur panitia pusat di Makasar,” tuturnya.

Afnida Nengsih menuturkan, berdasarkan penilaian pihaknya, mekanisme pelaksanaan UM-PTKIN secara online cukup efektif. “Ini bisa menjadi pertimbangan untuk pelaksanaan ujian mandiri nantinya,” ucapnya.

Sementara itu, ia mengatakan, UIN IB menyediakan kuota untuk mahasiswa baru sebanyak 5.320 orang, dan sudah 2.000 calon mahasiswa mendaftar ke UIN IB. “Mahasiswa baru yang akan diterima dari jalur SPAN-PTKIN 50 persen, UM-PTKIN 40 persen dan untuk mandiri 10 persen,” jelasnya.

Ia berharap, kegiatan tersebut berjalan lancar sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. “Baik simulasi ini, dan bahkan pelaksanan UM-PTKIN mendatang akan terus kita laksanakan sesuai aturan,” katanya. (red)

Wartawan: M. Abdul Latif

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Post

Problematika Kesehatan Mental, Niskala dan Pram Saling Mengisi Kesepian Hati

Next Post

Adakan Ujian Komprehensif, WR I: Jadwalnya Sesuai Putusan Prodi dan Pedoman Akademik

Related Posts
Total
0
Share