Prosedur Pelaporan Pelecahan Seksual, Begini Penjelasan Satgas PPKS UIN IB

Potret penyampaian materi oleh Muhammad Teguh Brilliant (sumber: Andi/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Tadris bahasa Inggris lakukan social pentas drama dan sosialisasi tentang penanganan dan pelaporan kekerasan seksual oleh Satgas PPKS. Kegiatan tersebut hadirkan langsung pemateri dari Ketua Satgas PPKS UIN IB, Muhammad Teguh Brilliant.

Ketua Satgas PPKS UIN IB, Muhammad Teguh Brilliant menjelaskan bahwa Satgas PPKS dibentuk untuk mencegah dan menangani kekerasan seksual di kampus. “Kami bertugas untuk memberikan konsultasi dan pendampingan bagi korban,” ujarnya pada Jumat, (05/07)

Prosedur pelaporan kasus kekerasan seksual dijelaskan secara rinci. “Pelaporan dapat dilakukan melalui email dan akun Instagram Satgas PPKS,” terang Muhammad Teguh.

Kontak untuk melaporkan kasus kekerasan seksual adalah satgasppksuinib@gmail.com dan Instagram @satgasppks_ UINIB. “Kami siap menerima laporan 24/7,” tambahnya.

Sanksi bagi pelaku kekerasan seksual di kampus bervariasi mulai dari peringatan hingga pemecatan. “Kami tidak akan mentolerir kekerasan seksual di lingkungan kampus,” tegasnya.

Muhammad Teguh mengimbau untuk mendukung dan mendampingi korban kekerasan seksual. “Dukungan dari teman dan keluarga sangat penting bagi pemulihan korban,” katanya.

Ia menekankan, pentingnya tidak mendiamkan kasus kekerasan seksual yang diketahui. “Jangan takut untuk melapor, karena ini adalah tanggung jawab kita bersama,” ucapnya.

Pentingnya bukti dalam proses pelaporan juga disampaikan. “Bukti yang kuat akan mempercepat proses penanganan kasus,” ujarnya.

Perlindungan bagi pelapor dan korban menjadi prioritas utama. “Kami memastikan bahwa identitas pelapor dan korban akan dirahasiakan,” terang Muhammad Teguh.

Acara ini ditutup dengan ajakan untuk bersama-sama menghentikan kekerasan seksual di kampus. “Mari kita ciptakan lingkungan yang aman dan bebas dari kekerasan seksual,” tutupnya. Ira

Wartawan: Verlandi Putra (Mg) dan Azzahra Siti Nurrahmi (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Teguh Brilliant ketua Satgas PPKS UIN IB: Pentingnya Pencegahan dan Edukasi Kekerasan Seksual

Next Post

DPC Imapar UIN IB Padang Gelar Pelantikan Kepengurusan Periode 2024/2025

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty