Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI Digelar Setelah Pengukuhan PP Iluni UIN IB Padang

Suasana saat pembukaan acara Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI oleh Pimpinan Pusat (PP) Iluni UIN Imam Bonjol Padang, Maneger Nasution di Hotel Grand Zury, Padang (Foto: Rolla/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Ikatan Alumni (Iluni) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI di Hotel Grand Zury. Acara tersebut dibuka langsung oleh Pimpinan Pusat (PP) Iluni UIN Imam Bonjol Padang dan juga dihadiri oleh Ketua MPR-RI secara virtual lewat via zoom meeting, Sabtu (21/05).

Selaku PP Iluni UIN Imam Bonjol periode 2021-2026, Maneger Nasution mengatakan acara sosialisasi Empat Pilar MPR-RI merupakan bentuk konsensus Empat Pilar Nasional yang mengimplementasikan soal pluralitas dan multikultural penduduk Indonesia secara keseluruhan.

“Indonesia adalah negara yang kaya akan ras, suku, agama dan punya etnis yang berbeda setiap wilayahnya, demi menjaga keberagaman itu, perlu adanya penguatan kesatuan dan kebangsaan untuk negara ini,” jelasnya saat membuka acara.

Lanjutnya, Maneger menjelaskan pentingnya Konsensus Nasional bagi multikultural masyarakat Indonesia. Ia menyebut, masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) salah satu penyumbang terbanyak kehidupan multikultur bagi negara Indonesia.

“Masyarakat Sumbar juga dikenal sebagai masyarakat eligibel dan memiliki kultur budaya yang berbeda, bahkan tidak pernah mempermasalahkan soal bahasa ataupun warna kulit yang berbeda,” tuturnya.

Manager juga mengajak seluruh Iluni UIN IB untuk bersatu memajukan kampus UIN Imam Bonjol Padang, mendukung kiprah alumni serta mengembangkan mutu dan kualitas masyarakat Sumbar guna integritas otonomi daerah yang sedang dicanangkan.

“Atas nama pimpinan baru, saya mengajak agar kita bisa sama-sama bersatu memajukan Universitas dan alumni demi meningkatkan mutu masyarakat Sumbar,” ujarnya.

Tambahnya, ia mengatakan Musyawarah Besar (Mubes) Iluni UIN Imam Bonjol Padang kemarin telah membahas tentang UIN IB Colenection. Adapun tema tersebut diusung dengan maksud mencurahkan kebanggaan sebagai alumni UIN Imam Bonjol Padang serta sebagai bentuk sindikat positif dalam periodesasi kepengurusannya.

“Saya berharap, kita semua bisa memikirkan kebermanfaatan Universitas serta bersatu memajukannya lewat alumni-alumni yang hebat hingga bisa membanggakan adik-adik kita bersama,” harapnya.

Sementara itu, selaku Ketua Panitia acara, Kombes Pol Ricky menyampaikan hambatannya saat prosesi persiapan acara Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI. Katanya, acara pengukuhan tersebut sempat diundur akibat tingginya angka pandemi Covid-19. “Pelantikan ini merupakan serangkaian acara untuk Mubes 4 Desember lalu, karena saat itu situasinya masih pandemi, akhirnya kita undur,” terangnya.

Kombes juga menuturkan hal spesialisasi dalam kegiatan tersebut. Ia menyebut, acara sosialisasi itu juga melibatkan Ketua MPR-RI dalam penyampaian Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI. “Saya sangat senang karena acara ini jadi spesial berkat adanya partisipasi dari Ketua MPR-RI sekaligus beliau bisa memberikan langsung penyampaiannya terhadap sosialisasi empat pilar MPR-RI,” ujarnya.

Kemudian, ia juga berterima kasih kepada seluruh panitia terkait karena telah berhasil menyukseskan acara tersebut walaupun banyak halangan dan hambatan tersendiri dalam menggelar kegiatan sosialisasi tersebut. “Terima kasih kepada panitia yang sudah berusaha semaksimal mungkin dalam kesuksesan acara, mulai dari pengadaan zoom dan persiapan malam harinya hingga acara ini terlaksana,” ucapnya.

“Ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan cita-cita kita bersama dalam memberikan kesan terbaik bagi para Iluni dan dapat mengharumkan nama Universitas kita,” tutupnya. (hry)

Wartawan: Rolla Purnama Sari (Mg), Kholilah Tri Julianda (Mg)

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Kupas Tuntas Penyelesaian Kesejahteraan Jurnalis di Sumbar, Begini Pentingnya Menjalin Hubungan Industrial

Next Post

300 Pengurus Iluni UIN IB Resmi Dikukuhkan, Bawa Nama Kampus Ketingkat Asia

Related Posts
Total
1
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat