Berita Salingka Kampus


Pemuda Harus Paham Sumpah Pemuda

Salingka Kampus | Senin, 28/10/2019 21:15 WIB | Ulfa Desnawati(Mg) Padila Yusra(Mg) Chintia Syofiana(Mg)

Pemuda Harus Paham Sumpah Pemuda

Suarakampus.com- Memperingati Sumpah Pemuda Republik Indonesia pada Senin, (28/10), Dosen Pancasila dan Kewarganegaraan UIN Imam Bonjol Padang, Afrinal menyampaikan agar pemuda Indonesia menanamkan isi dari Sumpah Pemuda.


"Biasanya diperingati melalui upacara atau aksi kemasyarakatan seperti mengajak berbahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa," sampai Afrinal.


Ia menambahkan bahwa dosen juga berperan memberi motivasi kepada mahasiswa terkait makna Sumpah Pemuda agar dapat mengaplikasikan isinya dengan menuntut ilmu.


Lanjutnya, Dosen Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama-Agama ini berharap pemuda Indonesia bisa mengamalkan nilai yang terkandung dari isi Sumpah Pemuda seperti kepada lingkungan dan masyarakat.


Sama halnya dengan Afrinal, Anggota Sekretaris Resimen Mahasiswa (Menwa) UIN IB Padang, Wildan menyebutkan peringatan upacara Hari Sumpah Pemuda telah dilakukan di Kantor Gubernur Sumatera Barat.


Wildan mengatakan salah satu cara memaknai nilai Sumpah Pemuda yaitu dengan mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. "Kita sebagai pemuda harus berkarya sebagai bentuk untuk membanggakan Indonesia," ujarnya.


Salah seorang mahasiswi UIN IB Padang mengatakan, memaknai nilai Sumpah Pemuda dengan zaman sekarang yaitu dengan cara berfikir kreatif. "Jangan sampai melenceng dari isi Sumpah Pemuda," tutup Aufa Islamiati Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi itu. (aii)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus